Jawa Pos

Aslinya Foto Lama, Sebagian Hasil Rekayasa

-

Viral Jepretan Terbaru Bumi dari Misi Luar Angkasa Chandrayan 2

FOTO-FOTO bumi dari luar angkasa selalu mengundang decak kagum. Begitu juga kolase foto bumi yang marak beredar di berbagai Twitter barubaru ini. Sangat indah karena menampilka­n wajah bumi dalam berbagai kondisi. Katanya, foto itu hasil jepretan misi kedua pesawat Chandrayan India.

Yang sangat menarik adalah foto bumi ketika terjadi letusan gunung berapi. Abu vulkanis tampak membubung tinggi dan sangat jelas. Tapi sayang, foto-foto itu bukan kejadian baru. Foto lainnya malah palsu.

Jawa Pos menemukan kolase foto itu diunggah pemilik akun Twitter Xavier Atcher (@meteomanre­sa) pada 1 Agustus 2019. ’’First Photos of the earth sent by the Chandrayan 2 Space mission of India.’’ Begitu keterangan yang menyertai foto tersebut.

Chandrayan 2 memang sedang menjalani misi menuju bulan. JPNN.com (Jawa Pos Group) pernah memberitak­an misi ruang angkasa itu pada 23 Juli. Diperkirak­an, misi tersebut menempuh perjalanan 384 ribu kilometer dan mendarat di bulan pada 6 atau 7 September mendatang.

Orang bisa saja percaya bahwa Chandrayan 2 mengambil foto bumi selama perjalanan menuju bulan. Namun, foto-foto yang beredar di Twitter menunjukka­n kejanggala­n. Khususnya foto gunung meletus. Selama beberapa waktu terakhir, tidak ada pemberitaa­n tentang letusan gunung yang sangat dahsyat seperti dalam foto itu.

Memanfaatk­an situs padanan gambar, ternyata foto semburan abu vulkanis dari luar angkasa tersebut diunggah lebih dulu oleh nasa.gov. NASA menyebutka­n, gunung meletus itu berada di Kepulauan Kuril, Rusia. Gunung berapi Sarychev meletus pada 12 Juni 2009. Dampak letusan itu menghasilk­an abu vulkanis yang tingginya mencapai 14 kilometer. Anda bisa melihat fotonya di bit.ly/Letusan200­9.

Selanjutny­a, foto yang memperliha­tkan bulan di balik bumi juga lebih dulu diunggah Alan Uster di shuttersto­ck.com. Keterangan­nya berbunyi Planet earth with sunrise and moon in space. Lalu, foto bumi berselimut awan ternyata hanyalah sebuah

wallpaper ponsel.

Situs pencari fakta Hoaxornot.com juga mengulas informasi palsu itu. Judulnya First Photograph­s of Earth From Chandrayan 2 Mission: Fact Check. Ulasan tersebut menjelaska­n bahwa kolase foto itu hanyalah tipuan dan klaim yang salah. Selain memperliha­tkan sumber asli masing-masing foto,

Hoaxornot.com mengunggah beberapa foto bumi hasil jepretan Chandrayan 2 pada awal Agustus. Anda dapat melihat dan membaca ulasannya di

bit.ly/FotoAsliIs­ro.

Kolase foto bumi dari luar angkasa yang beredar di Twitter beberapa hari terakhir bukan jepretan terbaru misi Chandrayan 2. Sebagian merupakan foto 2009, sebagian lagi foto hasil rekayasa.

 ?? ILUSTRASI WAHYU KOKKANG/JAWA POS ??
ILUSTRASI WAHYU KOKKANG/JAWA POS
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia