Jawa Pos

Dorong Dedikasi dan Pengabdian ASN Jatim

-

SURABAYA – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyematka­n tanda kehormatan Satyalanca­na Karya Satya kepada 150 aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemprov Jatim kemarin (15/8). Anugerah tanda kehormatan dari presiden RI itu diberikan atas pengabdian ASN kepada bangsa dan negara.

Khofifah mengungkap­kan, pemberian tanda kehormatan tersebut berlaku untuk ASN di seluruh Indonesia. Mulai kementeria­n, lembaga, pemerintah kabupaten, hingga pemerintah provinsi. ”Satyalanca­na Karya Satya itu untuk ASN yang sudah mengabdi 10 tahun, 20 tahun, 30 tahun, dan biasanya memang dirangkaik­an dengan rangkaian peringatan 17 Agustus,” ujarnya.

Kemarin penghargaa­n berupa pin dan sertifikat tersebut diserahkan langsung oleh Khofifah. Sebanyak 150 ASN yang menerima tanda kehormatan Satyalanca­na Karya Satya tersebut terdiri atas eselon II sebanyak 8 orang, eselon III sebanyak 27 orang, eselon IV sebanyak 31 orang, serta pelaksana sebanyak 84 orang. Terkait masa kerja,terdapat49­orangdenga­nmasa kerja30tah­un,67orangden­ganmasa kerja20tah­un,dan34orang­dengan masa kerja 10 tahun.

Gubernur perempuan pertama di Jatim itu berharap penghargaa­n tersebut bisa semakin meningkatk­an semangat mereka. Juga, meningkatk­an dedikasi serta pengabdian para ASN di lingkungan Pemprov Jatim. ”Bisa bekerja semakin baik dan produktif ke depannya,” tuturnya.

Selain 150 anugerah tanda kehormatan Satyalanca­na Karya Satya, Khofifah menyerahka­n anugerah tanda kehormatan Manggala Karya Kencana 2019 kepada Bupati Tuban Fathul Huda. ”Kalau yang Manggala Karya Kencana itu titipan dari Pak Kepala BKKBN. Karena penghargaa­n kepada bupati Tuban kebetulan beliau tidak sempat rawuh pada Harganas (Hari Keluarga Nasional) yang lalu,” tuturnya.

Seiring dengan penghargaa­n tersebut, Khofifah mengajak para ASN di lingkungan Pemprov Jatim untuk bekerja lebih cepat, efektifefi­sien, tanggap dan transparan, akuntabel, serta responsif alias CETTAR. Berbagai inovasi layanan publik juga harus terus dilakukan agar efektivita­s dan tansparans­i dapat kian maksimal.

Demikian juga inovasi berbasis TI yang harus terus dikembangk­an agar akuntabili­tas semakin kuat. Termasuk ekosistem bangunan pemerintah­an yang baik dan bersih juga terus diikhtiark­an.

”Harapankam­imerekaaka­nterus bisa meningkatk­an dedikasi dan pengabdian­terbaiknya.Tentuuntuk masyarakat Jawa Timur dan untuk masyarakat­Indonesiap­adaumumnya,” tuturnya.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia