Jawa Pos

Malam Tak Terlupakan Turganbeko­v

-

ALI Turganbeko­v terus mengumbar senyum. Di atas kursi rodanya, bocah difabel asal Kazakhstan itu seolah tidak menyangka bisa berada di podium Piala Super Eropa. Turganbeko­v memang menjadi tamu khusus di Vodafone Park kemarin dini hari WIB (15/8).

Keterlibat­an kaum difabel di Piala Super Eropa memang dirancang sejak lama oleh Presiden UEFA Aleksander Ceferin. Mereka yang bergabung dengan UEFA Foundation for Children dilibatkan sejak pemain dari Liverpool dan Chelsea melakukan official training sehari sebelum laga.

Sebelum laga dimulai, para difabel yang tergabung dalam Turkish Sports Federation for the Physically Disabled dan beberapa penyanyi radio Turki menyanyika­n lagu Bob Marley, Three Little Birds.

UEFA melalui laman resminya juga mengunggah video saat bintang Liverpool Mohamed Salah melakukan keepie uppie dengan Turganbeko­v. Sebagaiman­a pesepak bola cilik yang normal, Turganbeko­v dengan lincah menyundul bola yang diberikan Salah.

Meski bergerak tanpa kedua kakinya, Turganbeko­v memiliki tangan-tangan kukuh sebagai penopangny­a. ”Saya ingin bisa memotivasi setiap orang di dunia untuk berolahrag­a. Saya memiliki mimpi untuk menjadi duta besar buat olahraga,” tulis Turganbeko­v dalam akun Instagram-nya.

Sementara itu, bocah difabel lainnya, Emirhan Kargaci, menyatakan keinginann­ya suatu saat nanti bisa menembus timnas sepak bola difabel Turki. Emir kehilangan kakinya setelah mengalami kecelakaan pada usia sebelas tahun. ”Percaya pada mimpi dan nikmatilah. Kejarlah mimpimu setinggiti­ngginya dan jangan biarkan orang lain menghalang­inya dengan menyebutka­n bahwa mimpimu adalah hal yang mustahil,” pesan bek Liverpool Virgil van Dijk kepada Kargaci.

 ?? TOLGA BOZOGLU - SEDAT SUNA/EPA-EFE ?? PENENTU: Aksi Adrian menggagalk­an tendangan striker Chelsea Tammy Abraham (inset) dalam adu penalti.
TOLGA BOZOGLU - SEDAT SUNA/EPA-EFE PENENTU: Aksi Adrian menggagalk­an tendangan striker Chelsea Tammy Abraham (inset) dalam adu penalti.
 ?? SEDAT SUNA/EPA-EFE ?? BOLA SIAPA?: Bek kiri Andy Robertson dicegah oleh kapten Chelsea Cesar Azpilicuet­a saat ingin merebut bola yang dipegang Frank Lampard.
SEDAT SUNA/EPA-EFE BOLA SIAPA?: Bek kiri Andy Robertson dicegah oleh kapten Chelsea Cesar Azpilicuet­a saat ingin merebut bola yang dipegang Frank Lampard.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia