Jawa Pos

PETENIS TERBAIK JEPANG DARI MASA KE MASA

- Nishioka Kalahkan Petenis Idolanya

CINCINNATI, Jawa Pos – Sehari sebelum pertanding­an melawan Kei Nishikori pada babak kedua Cincinnati Masters kemarin, Yoshihito Nishioka mengaku tidak bisa memejamkan mata. Bagi dia, itu bukan hanya laga melawan petenis sesama Jepang, tapi juga pertanding­an melawan sosok yang diidolakan sejak lama.

Bagi Nishioka, Nishikori adalah tokoh panutan dalam karirnya di lapangan tenis. Semasa junior, pemain yang kini berusia 23 tahun tersebut memilih untuk menimba ilmu tenis di tempat yang sama dengan Nishikori, yakni IMG Academy, Florida, Amerika Serikat (AS).

Di akademi itu, Nishikori kerap mengajakny­a berbagi lapangan untuk berlatih bersama. Itu terjadi sejak tujuh tahun lalu. Namun, tetap saja Nishioka mengaku tak mampu menghilang­kan nervous saat bertarung kali pertama dengan idolanya tersebut pada laga resmi event venue

KEI NISHIKORI RANKING TERBAIK

dunia (Maret 2015) Rekor: Satu-satunya petenis putra Jepang yang sanggup menembus sepuluh besar dunia. kemarin. ’’Saat berlatih bersama saja saya masih sering nervous. Apalagi bertanding seperti dalam laga hari ini (kemarin, Red),’’ ucap Nishioka seperti dilansir situs resmi ATP. Sebagai petenis muda, ambisi Nishioka masih sangat berapi-api. Mimpinya sangat tinggi. Dia kini masih menduduki peringkat ke-73 dunia. Secara terbuka, dia berangan-angan ingin menyamai raihan kompatriot­nya, Nishikori dan Naomi Osaka, yang saat ini merupakan petenis terbaik di

NAOMI OSAKA RANKING TERBAIK

dunia (saat ini) Rekor: Satu-satunya petenis Jepang yang sanggup memenangi grand slam sektor tunggal (AS Terbuka 2018 dan Australia Terbuka 2019).

KIMIKO DATE-KRUMM RANKING TERBAIK

dunia tunggal putri Rekor: (1995) Pada 1992 mendapat gelar Most Improve Player of the Year. dunia dari negaranya. ’’Di Jepang, hanya ada dua petenis yang dikenal orang. Yakni, Kei dan Naomi. Aku ingin mengubah itu,’’ kata Nishioka.

Maka pantas, sesaat setelah memastikan kemenangan atas Nishikori kemarin, Nishioka begitu semringah. Dia berteriak sekerasker­asnya. Seakan merasa jalan untuk mewujudkan mimpi besarnya itu mulai terbuka lebar. ’’Aku ingin segera membaca berita besok (hari ini, Red). Aku ingin tahu apa yang mereka bicarakan tentangku. Semoga kini lebih banyak orang yang memperhati­kanku,’’ ucapnya.

Pada laga tersebut, Nishioka tampil jauh lebih

AI SUGIYAMA RANKING TERBAIK

dunia di sektor ganda putri (Oktober 2000) Rekor: ranking 8 dunia tunggal putri (Februari 2004). Pensiun pada 2009 dengan membawa tiga gelar grand slam sektor ganda putri. agresif. Sebanyak 12 break point dieksekusi dengan mulus. Nishioka menghentik­an perlawanan Nishikori dua set langsung 7-6(2), 6-4 dalam tempo 1 jam 40 menit. Sepanjang laga, Nishioka hanya melakukan 13 kali unforced error.

Nishikori mengakui juniornya itu bermain jauh lebih baik daripada dirinya. ’’Ini memang momen yang sulit untukku. Tapi, aku ikut senang melihatnya jauh lebih kuat sekarang,’’ ujar Nishikori. Di babak ketiga, Nishioka akan bertarung melawan petenis Australia Alex de Minaur. Keduanya baru sekali bertemu dan Nishioka memenangi laga tersebut.

 ?? AP PHOTO/JAE C. HONG ??
AP PHOTO/JAE C. HONG
 ?? MATTHEW STOCKMAN/GETTY IMAGES/AFP ?? RESPEK: Yoshihito Nishioka (kiri) bersalaman dengan Kei Nishikori setelah laga babak kedua di Cincinnati Masters di Lindner Family Tennis Center, Mason, Ohio, kemarin (15/8).
MATTHEW STOCKMAN/GETTY IMAGES/AFP RESPEK: Yoshihito Nishioka (kiri) bersalaman dengan Kei Nishikori setelah laga babak kedua di Cincinnati Masters di Lindner Family Tennis Center, Mason, Ohio, kemarin (15/8).
 ?? SANDY HUFFAKER/AFP ?? JUAL MAHAL: Andy Ruiz Jr dan istrinya, Julie Ruiz, menyapa pendukung pada parade kemenangan di Imperial, California, 22 Juni lalu.
SANDY HUFFAKER/AFP JUAL MAHAL: Andy Ruiz Jr dan istrinya, Julie Ruiz, menyapa pendukung pada parade kemenangan di Imperial, California, 22 Juni lalu.
 ?? HARRY HOW/GETTY IMAGES/AFP ?? BELUM MAKSIMAL: Brook Lopez menembak di tengah sesi latihan timnas basket Amerika Serikat di UCLA Health Training Center (14/8).
HARRY HOW/GETTY IMAGES/AFP BELUM MAKSIMAL: Brook Lopez menembak di tengah sesi latihan timnas basket Amerika Serikat di UCLA Health Training Center (14/8).
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia