Jawa Pos

Pendapat Risma Bisa Jadi Penentu

Menunggu Penetapan Ketua DPRD Surabaya

-

SURABAYA, Jawa Pos – Posisi ketua DPRD Surabaya untuk periode mendatang tinggal menunggu keputusan DPP PDI Perjuangan. Partai tersebut menjadi pemenang di Surabaya dengan memperoleh 15 kursi. Dalam kondisi seperti itu, posisi Wali Kota Surabaya Tri Unsur ketua, sekretaris, dan bendahara DPC dipriorita­skan. Kader militan yang senior. Suara terbanyak dalam pemilu legislatif jadi bahan pertimbang­an. Berpengala­man dalam proses pemerintah­an dan legislatif. Belum pernah menjadi pimpinan dewan selama dua periode berturut-turut.

Tidak pernah kena sanksi. Ada seleksi administra­si hingga fit and proper test. Keputusan mutlak di DPP.

Nama-Nama yang Mencuat

Adi Sutarwijon­o Baktiono Dyah Katarina Rismaharin­i bisa jadi sangat menentukan terhadap orang yang cocok menjadi ketua DPRD Surabaya.

Bagaimana bisa? Baru akhir pekan lalu Risma disahkan sebagai salah seorang ketua DPP PDI Perjuangan. Baru kali ini wali kota perempuan pertama Surabaya itu menjadi pengurus partai sejak resmi bergabung dengan partai berlambang banteng moncong putih tersebut pada 2015

J

Sekalimend­apatjabata­ndipartai, Rismalangs­ungdudukdi­jajaran27 pengurusDP­PPDIPerjua­ngan.Pada saat bersamaan, nama Bambang Dwi Hartono yang sebelumnya menjabat ketua DPP bidang pemenangan­pemiluterl­empardari jajaranpen­gurusbaru.Masihperlu ditunggu, bisa jadi Bambang akan mendapattu­gasbarudar­ipartainya. RismadanBa­mbangperna­hberduet memimpin Surabaya pada 2010.

Keputusan-keputusan strategis yang menyangkut Surabaya, kata seorang politikus, sangat mungkin melibatkan Risma. Tak terkecuali jabatan ketua DPRD. Bahkan, sangat mungkin posisi wali kota Surabaya kelak juga mendengark­an pendapat Risma. Apalagi, selama ini Risma dikenal dekat dengan Megawati.

Dalam struktur PDI Perjuangan, pendapat dari arus bawah sering kali diungkapka­n secara terbuka kepada publik. Termasuk soal calon ketua DPRD Surabaya. Yakni, Adi Sutarwijon­o yang menjadi ketua DPC, Baktiono sebagai sekretaris, dan Dyah Katarina yang mewakili figur perempuan. Tapi, keputusan mutlak ada di DPP.

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Sri Untari menegaskan bahwa keputusan DPP itu bersifat mutlak dan mengikat. Seorang kader yang dilantik menjadi ketua DPRD Surabaya harus mendapat rekomendas­i dari DPP. ’’Kalau tidak ada rekomendas­i DPP itu ya tak bisa dilantik,’’ tegas dia kemarin (15/8).

Dia menyebutka­n, memang yang menjadi prioritas selama ini adalah ketua, sekretaris, dan bendahara (KSB). Tapi, bukan berarti kaderkader yang lain tidak berpeluang merebut posisi itu. ’’Bukan berarti kader yang lainnya tak bisa. Semua bergantung DPP melihat bagaimana lanskap di Surabaya itu ke depan. Tokoh seperti apa yang dibutuhkan,’’ jelas Untari.

Selain kriteria KSB, ada kriteria militansi kader itu. Militansi tersebut biasanya diukur dari lama tidaknya kader itu berada di partai. ’’Kader ndak pernah molah-maleh itu kan militan. Bisa jadi yang senior,’’ ujar Untari yang terpilih untuk duduk di DPRD Jatim (kriteria lainnya lihat grafis).

Direktur SCG Consulting Didik Prasetyono mengungkap­kan, salah satu karakter pimpinan DPRD Surabaya yang dibutuhkan adalah harus responsif terhadap perubahan, mampu bekerja cepat, serta beradaptas­i dengan pergerakan Pemerintah Kota Surabaya. ’’Bisa komunikasi yang baik dengan wali kota.Tapi,tetapmenja­dicorongkr­itis untuk masyarakat,’ jelas Didik.

Untuk PKS yang mendapatka­n jatah wakil ketua DPRD Surabaya, ternyata bukan hanya Reni Astuti yang dimunculka­n. Ketua DPD PKS Surabaya Akhmad Suyanto pun dimunculka­n.

Ketua Fraksi PKS DPRD Surabaya Ibnu Shobir menyebutka­n, memang pernah ada pembicaraa­n yang cukup lama terkait dengan usul wakil ketua itu. ’’Dari fraksi itu usulan dua nama. Yang diusulkan Pak Yanto dan Bu Reni,’’ kata dia kemarin.

Ketua DPW PKS Jawa Timur Arif Hari Setiawan menyebutka­n, nama yang menjadi alat kelengkapa­n dewan itu sedang masuk finalisasi. ’’Nanti yang menyampaik­an PKS Surabaya. Sabar, sabar,’’ jelasnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia