Jawa Pos

Sidotopo Wetan Tonjolkan Manfaat Kemangi

-

SURABAYA, Jawa Pos – Warga RW 13 Kelurahan Sidotopo Wetan, Kecamatan Kenjeran, ingin berpartisi­pasi maksimal dalam program Surabaya Smart City (SSC). RW yang pernah mewakili Surabaya dalam lomba inovasi di kancah nasional itu menonjolka­n kemangi sebagai produk unggulan.

Ketua RW 13 Kelurahan Sidotopo Wetan Saiful Huda memaparkan, banyak sekali produk dari kampungnya. Namun, unggulanny­a adalah inovasi tanaman kemangi untuk penolak nyamuk. Kampung tersebut sempat dijuluki Kampung Kemangi karena inovasi itu.

Semua berawal pada 2017 saat banyak warga yang terkena demam berdarah (DB). Dari data Puskesmas Sidotopo Wetan yang dimuat Jawa Pos pada Desember 2018, setidaknya ada 30 pasien yang harus dirawat karena DB. Oleh karena itu, warga bekerja sama dengan bumantik dan puskesmas. Mereka membuat inovasi.

Inovasi tersebut adalah pemanfaata­n kemangi. ”Kemangi banyak dikenal hanya sebagai lalapan. Padahal, banyak manfaatnya,” kata Saiful. Kemangi bisa dijadikan penolak nyamuk, baik sebagai losion maupun obat nyamuk.

Koordinato­r Bumantik Sri Wedari mengatakan, sebagai obat nyamuk, kemangi diremas sebentar, lalu dicampur dengan segelas air dan ditaruh di piring. ”Sebentar saja. Soalnya kalau lama, nanti baunya pudar,” ujarnya. Jika ingin dijadikan losion, tinggal diusapkan ke anggota tubuh.

Selain sebagai penolak nyamuk, kemangi bisa dijadikan minuman kesehatan dan risoles. Sri mengatakan, minuman tersebut dinamai Kerepis. Inovasi itu mendapatka­n penghargaa­n dari pusat. Masuk nominasi dua besar dalam lomba penyuluhan dan inovasi DBD 2017. Surabaya diwakili RW 13 Sidotopo Wetan. Lawannya 38 kabupaten/kota se-Indonesia.

Selain itu, masih banyak lagi produk inovasi dari Sidotopo Wetan. Di RT 07 ada Lapengi dan pupuk cair dari limbah buah-buahan yang dicampur air tebu. Di RT 02 ada es gabus warna dan schotel jagung. Di RT 15 ada minuman Seruja (sereh, daun jeruk, dan jahe), telur asin, bros dawis, kalung dawis, dan Risoles Sayangi (sayursayur­an kemangi). Lalu, di RT 12 ada kreativita­s kain perca dan berbagai olahan limbah.

 ??  ??
 ??  ??
 ?? PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS ?? KREATIF: Camat Kenjeran Henni Indriaty (dua dari kiri) memamerkan gaun dari daur ulang plastik di Sidotopo Wetan.
PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS KREATIF: Camat Kenjeran Henni Indriaty (dua dari kiri) memamerkan gaun dari daur ulang plastik di Sidotopo Wetan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia