Jawa Pos

Edukasi Keuangan lewat Investment Festival

Upaya UK Petra Giatkan Literasi Finansial

-

PEMAHAMAN yang tepat terhadap dunia keuangan merupakan kunci untuk meraih kesuksesan finansial. Kesalahanl­angkahdala­mpengambil­an keputusan dapat berakibat negatif. Baik itu secara makro maupun personal. Untuk itulah literasi keuangan atau finansial sangat penting untuk digalakkan. Salah satunya lewat edukasi oleh para ahli yang berkompete­n di bidangnya.

Pendidikan keuangan tidak hanya tentang sistem pengaturan dana. Hal-hal penting lain seperti pemahaman produk keuangan, analisa dan evaluasi pendanaan besar, serta analisis risiko juga harus dipahami. Proses edukasi mengenai hal itu bertujuan agar masyarakat semakin cermat mengatur finansialn­ya.

Fakultas Bisnis dan Ekonomi (FBE) Universita­s Kristen Petra Surabaya menyadari kebutuhan yang mendesak tersebut. Program Manajemen Keuangan FBE UK Petra pun memberikan solusi dengan menghelat acara bertajuk Investment Festival yang dipersemba­hkan Program Manajemen Keuangan. Event itu dihelat pada 15-18 Agustus 2019 di Main Atrium Grand City Mall Surabaya.

”Seperti namanya, acara itu terdiri atas ragam kegiatan di antaranya seperti pameran, seminar, workshop, dan games,” ujar Ketua Program Manajemen Keuangan Mariana Ing Malelak SE MSM MRech.

Khusus untuk games ditujukan bagi siswa SMA dan mahasiswa. Mereka dapat belajar detail keuangan lewat cara yang fun. Sesi pameran hadir untuk memberikan pengetahua­n terkait produk-produk keuangan. Salah satunya adalah perencanaa­n keuangan personal. Para dosen Program Manajemen Keuangan yang tersertifi­kasi hadir di booth pameran siap melayani konsultasi.

Sementara itu, seminar keuangan mulai dihelat kemarin (15/8). Peserta mengikuti tiga sesi dengan tema personal financial tax planning, legacy and estate planning, dan stock market courses. Forum itu dihelat untuk menjawab perlunya perencanaa­n pajak dan warisan sejak dini.

Hadir sebagai pembicara adalah Prof Dr P.M. John L. Hutagaol. Beliau menyampaik­an perencanaa­n pajak personal dengan peran automatic exchange of informatio­n (AEOI). Narasumber kedua adalah Drs Tri Djoko Santoso MM CFP yang menerangka­n pentingnya perencanaa­n warisan seperti surat wasiat dan risiko finansial. Pembicara ketiga adalah The Chairman of The Indonesian Stock Analysis Associatio­n Edwin Sebayang.

”Intinya, acara ini terbuka untuk umum. Sangat sayang untuk dilewatkan karena hari-hari berikutnya akan ada kegiatan menarik lain seperti lomba trading saham untuk para pelajar,” ujar Mariana.

 ?? UK PETRA FOR JAWA POS ?? BUKA WAWASAN: Foto kiri, Prof Dr P.M. John L. Hutagaol (kanan) didampingi moderator Agus Arianto Toly SE MSA AK BKP CFP CA. Suasana seminar saat Investment Festival 2019 di meeting room Grand City Convex Surabaya.
UK PETRA FOR JAWA POS BUKA WAWASAN: Foto kiri, Prof Dr P.M. John L. Hutagaol (kanan) didampingi moderator Agus Arianto Toly SE MSA AK BKP CFP CA. Suasana seminar saat Investment Festival 2019 di meeting room Grand City Convex Surabaya.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia