Jawa Pos

Fokus Pemulihan Fisik dan Mental

-

SKUAD Persebaya Surabaya tak bisa beristirah­at terlalu lama. Setelah menjalani derbi Jatim kontra Arema FC (15/8), Green Force –julukan Persebaya– sudah harus terbang ke Lampung. Ruben Sanadi dkk sudah ditunggu Perseru Badak Lampung di Stadion Sumpah Pemuda, Bandar Lampung, pada Selasa (20/8).

Jadwal tersebut jelas sangat menyulitka­n Persebaya. Sebab, setelah away ke Malang, mereka baru saja tiba di Surabaya kemarin pagi. Skuad kemudian diliburkan. Nah, mereka baru akan menjalani latihan sore nanti. Itu sekaligus menjadi latihan terakhir di Surabaya. Sebab, besok (18/8) tim sudah harus bertolak ke Lampung.

Wakil kapten Rendi Irwan tak menampik bahwa jadwal yang mepet menyulitka­n tim. Selain itu, kondisi fisik pemain tak akan fit hingga 100 persen karena perjalanan jauh. Meski begitu, pemain 32 tahun tersebut tetap fokus pada persiapana­way ke Lampung. ’’Persiapan sih besok (hari ini) pas latihan. Di situ kami akan menunggu arahan dari manajemen dan pelatih,’’ ucap Rendi kepada Jawa Pos.

Jadwal yang terlalu mepet memang riskan bagi para pemain. Apalagi, ada beberapa pemain yang baru pulih dari cedera. Sebut saja bek Otavio Dutra yang sebelumnya sempat berlatih terpisah jelang derbi Jatim. Jika terus diforsir, bukan tidak mungkin cederanya akan kambuh lagi. Hal yang sangat tidak diinginkan Persebaya. Apalagi, dalam laga kontra Badak Lampung, Green Force masih tanpa Hansamu Yama. Pemain 24 tahun itu masih menjalani skors.

Selain melawan kelelahan, pemain berangkat dengan modal buruk. Kekalahan empat gol tanpa balas oleh Arema FC (15/8) jelas membuat mental pemain anjlok. Artinya, tugas yang diemban karteker pelatih Persebaya Bejo Sugiantoro kian berat. Meski begitu, setelah dipermaluk­an Arema FC, dia meminta anak asuhnya untuk segera bangkit.

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? LUPAKAN KEKALAHAN: Ruben Sanadi (kanan) dan Irfan Jaya (kiri) mengawal ketat Dendi Santoso pada laga di Stadion Kanjuruhan (15/8).
ANGGER BONDAN/JAWA POS LUPAKAN KEKALAHAN: Ruben Sanadi (kanan) dan Irfan Jaya (kiri) mengawal ketat Dendi Santoso pada laga di Stadion Kanjuruhan (15/8).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia