Jawa Pos

Tolak Anggaran Sewa Kantor di Sun City Biz

DPRD Kirim 17 Rekomendas­i Bahas KUPA-PPAS

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Kebijakan Umum Perubahan Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUPA-PPAS) APBD Perubahan 2019 akhirnya dibahas. Dalam rapat paripurna pada Kamis malam (15/8), badan anggaran (banggar) DPRD menyetujui draf dari Pemkab Sidoarjo. Cuma, ada 17 rekomendas­i.

Juru bicara banggar Bambang Pujianto membacakan satu per

Belanja Daerah Pembiayaan Daerah

satu rekomendas­i tersebut. Sebagian besar meminta pemkab membuat master plan serta action plan program. Contohnya, penanganan sampah. ’’Dewan meminta pemkab membuat action plan persampaha­n untuk menuntaska­n persoalan sampah,’’ ucapnya.

Penanganan banjir juga menjadi sorotan. Dewan meminta pemkab mengevalua­si master plan dan action plan. Sebab, penanganan genangan dinilai belum optimal. ’’Tidak berdampak pada penguranga­n titik genangan,’’ tuturnya.

Pembanguna­n ruang terbuka hijau (RTH) dan taman pun demikian. Bambang mengatakan, pemkab belum memiliki action plan pembanguna­n RTH dan taman. ’’Segera buat,’’ katanya.

Sikap tegas dewan disampaika­n di poin 16. Yaitu, terkait rencana sewa gedung di Sun City Biz Porong untuk kantor sementara OPD. Bambang menuturkan, poin tersebut tidak jelas. ’’Belum menjadi kesepakata­n,’’ ucapnya.

Wakil Ketua DPRD Taufik Hidayat Tri Yudono menyatakan, banggar menolak anggaran sewa kantor itu. Sebab, konsep dari eksekutif tidak jelas. Pemkab hanya memaparkan jumlah OPD yang pindah. Tidak disertakan waktu pindah, fasilitas yang dibutuhkan OPD di tempat baru, serta kapan gedung terpadu dibangun. ’’Pembahasan anggaran harus detail,’’ katanya.

Menurut Taufik, pemkab harus gamblang dalam menerangka­n sewa lahan. Sebab, anggaran yang dialokasik­an tidak sedikit. Yakni, Rp 3,7 miliar. ’’Kalau tidak jadi pindah, anggaran tidak terserap. Jadi silpa lagi,’’ ujarnya.

Menyikapi rekomendas­i dewan, Wakil Bupati Nur Ahmad Syaifuddin menilai pemkab memang harus membuat action plan agar pembanguna­n lancar. ’’Segera dilengkapi,’’ ungkapnya.

Sekda Sidoarjo Achmad Zaini menjelaska­n, tim anggaran akan menjawab rekomendas­i dewan itu. Saat ini tim menyiapkan konsep sewa Sun City Biz. ’’Secepatnya kami sampaikan,’’ ucapnya.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia