Jawa Pos

Solusi dari Si Penyihir Kecil

-

ke Bayern Muenchen diyakini tidak langsung mengubah status Philippe Coutinho jadi pemain kunci. Sejak milenium baru, hanya Thiago Alcantara yang jadi pilihan utama dalam transfer yang melibatkan Barcelona dan Bayern Muenchen. 2018–sekarang 2013–sekarang

HASIL seri kemarin langsung disikapi manajemen Bayern Muenchen. Hanya selang beberapa jam setelah ditahan imbang Hertha Berlin, tim polesan Niko Kovac itu mengonfirm­asi bahwa mereka sudah sepakat dengan Barcelona. Yakni, soal peminjaman gelandang Philippe Coutinho. Penyihir kecil –julukan Coutinho– bakal dipinjam Bayern selama semusim dengan opsi pembelian pada musim depan. Dia adalah pemain kedua yang datang dengan status pinjaman musim ini setelah Ivan Perisic dari Inter Milan.

”Saya berada di Barcelona bersama Hasan Salihamidz­ic (direktur olahraga Bayern, Red) Rabu (14/8). Kami mencapai kesepakata­n dengan klub dan pemain (Barca). Kami memang sudah berdiskusi soal Coutinho dalam beberapa hari terakhir,” kata CEO Bayern Karl-Heinz Rummenigge seperti dilansir dari situs resmi mereka.

Salihamidz­ic menambahka­n bahwa deal belum 100 persen. Masih ada beberapa detail kecil yang harus disepakati. Eks pemain Liverpool dan Inter Milan itu diyakini akan tiba di Bayern besok (19/8). 2005–2006 2001–2004

Keputusan pindah ke Bayern bisa jadi solusi bagi banyak pihak. Bagi Coutinho dan Bayern, dia bisa jadi playmaker yang dibutuhkan Bayern selepas perginya Robbery, julukan kombinasi Arjen Robben dan Franck Ribery.

Liverpool juga kecipratan benefit dari deal Coutinho ke Bayern. Ya, Barca yang masih punya utang dari pembelian Coutinho pada Januari 2018 harus merelakan ongkos peminjaman dari Bayern sebesar EUR 20 juta (Rp 315,7 miliar) langsung masuk kantong manajemen Liverpool. Uang tersebut berasal dari adds on yang tertera dalam kontrak Coutinho saat dibeli dari Liverpool.

Sementara itu, untuk Barca, kepergian pemain 27 tahun itu bisa memuluskan langkah mereka untuk segera memulangka­n wide attacker PSG Neymar. Tadi malam, entraineur Les Parisiens Thomas Tuchel kembali tidak memasukkan kompatriot Neymar dalam skuad PSG melawan Stade Rennais pada journee kedua Ligue 1 dini hari nanti.

Tapi, hingga kini belum ada kata deal antara PSG dan Barca menyangkut Neymar.

Barca Ernesto Valverde mengakui bahwa fokus timnya pada menit-menit akhir masih butuh perbaikan. Apalagi, gol Bilbao yang terjadi pada menit ke-89 melalui bicycle kick Aritz Aduriz juga lahir dari handicap Barca selama ini. Yakni, sulit mengantisi­pasi bola-bola udara. Padahal, Aduriz baru semenit masuk lapangan menggantik­an Inaki Williams.

’’Dengan Aduriz, bola apa pun di udara adalah ancaman (bagi tim lawan, Red) dan saya tidak terkejut dengan golnya,’’ ucap Valverde kepada

Marca mengenai Aduriz yang eks pemainnya saat melatih Bilbao pada 2013–2017. Valverde juga memberikan penilaian untuk bomber barunya, Antoine Griezmann. ’’Untuk Griezmann, memang tidak mudah pemain kidal beroperasi di sisi kiri. Tapi, jika dia berada di dekat kotak penalti, itu lebih baik. Dia harus lebih banyak terlibat dalam permainan,’’ lanjut pelatih 55 tahun tersebut.

Grizi –sapaan Griezmann– memang jadi sorotan pada laga kemarin. Dia sebetulnya diharapkan bisa menggantik­an peran Messi yang absen. Ini juga menjadi jornada pertama Barca di La Liga tanpa Si Kutu –julukan Messi– sejak musim 2009–2010. Namun, kemarin Grizi harus rela menjadi wide attacker kiri dalam debut resminya bersama Barca. Sebab, Ousmane Dembele yang juga kidal berada di Barca sejak dua musim lalu.

Laga kontra Bilbao jadi bukti bahwa Grizi belum terlalu padu dengan taktik Valverde. Atau lebih buruknya, dia sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan Barca. Singkatnya, Griezmann belum bisa jadi solusi saat Messi absen. Apalagi, pada menit ke-37, striker Luis Suarez juga menyusul cedera. Grizi belum bisa menjawab label EUR 120 juta (Rp 1,89 triliun) yang dikeluarka­n Barca untuknya dari Atletico Madrid.

’’Kami masih punya waktu (untuk perbaikan, Red). Musim ini masih panjang dan kami harus bekerja keras untuk bisa lebih baik di laga-laga berikutnya,’’ ucap striker 28 tahun itu.

Untuk Bayern, kabar baik dari hasil imbang melawan Hertha hanya berasal dari striker Robert Lewandowsk­i. Striker asal Polandia itu menjadi pemain pertama yang selalu mencetak gol pada

spieltag pembuka dalam lima musim beruntun. Dia melampaui eks striker Bayer Leverkusen Stefan Kiessling dan mantan striker Schalke 04 yang kini berkostum Ajax Amsterdam Klaas-Jan Huntelaar.

’’Kami tidak melakukan start yang salah (dengan imbang melawan Hertha, Red). Mereka (Hertha, Red) hanya beruntung,’’ ucap eks striker Borussia Dortmund itu sebagaiman­a dilansir

Fox Sports.

 ?? ANDER GILLENEA/AFP PHOTO ?? HARUS MENEPI: Luis Suarez (dua dari kanan) mendapat perawatan tim medis Barcelona.
ANDER GILLENEA/AFP PHOTO HARUS MENEPI: Luis Suarez (dua dari kanan) mendapat perawatan tim medis Barcelona.
 ?? LYNNE SLADKY/AP PHOTO ?? ANGKAT KAKI: Philippe Coutinho saat mengikuti sesi latihan Barcelona di Miami Gardens, Florida (6/8).
LYNNE SLADKY/AP PHOTO ANGKAT KAKI: Philippe Coutinho saat mengikuti sesi latihan Barcelona di Miami Gardens, Florida (6/8).
 ?? CHRISTOF STACHE/AFP PHOTO ??
CHRISTOF STACHE/AFP PHOTO
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia