Jawa Pos

Panggil Ceballos, Jangan Cebollas

-

LONDON – Kalah empat gol oleh Manchester United (12/8) di Premier League, lalu kalah adu penalti dari Liverpool di Piala Super Eropa (15/8) membuat pelatih Chelsea Frank Lampard berstatus pesakitan. Untuk mengembali­kan harga dirinya, pelatih 41 tahun itu wajib menang di matchweek kedua Premier League. Malam ini (18/8) The Blues akan menjamu Leicester City di Stamford Bridge (siaran langsung Mola TV pukul 22.30 WIB).

Dalam pre match press conference kemarin (17/8), Lampard mengatakan, tiga laga Premier League sebelum jeda internasio­nal awal September harus dimenangi. Setelah itu, tim bisa berbenah selama dua pekan. ”Perjalanan musim masih panjang dan jika kami bisa mengulang penampilan seperti melawan Liverpool, semuanya akan baik-baik saja. Kami kalah karena kurang beruntung,” tutur Lampard kepada ESPN.

Sepanjang sejarah Chelsea di ajang Premier League, Gianluca Vialli menjadi pelatih Chelsea yang punya rekor buruk dalam dua laga perdananya sebagai arsitek. Yakni, mengalami kekalahan beruntun.

Lampard berkata, jelang laga kandang perdananya di Stamford Bridge malam ini, eks pelatih derbi County itu berharap tak ada lagi sorakan rasis kepada para pemainnya. Fans yang melakukan ulah tersebut harus kena sanksi berat dari klub.

CHELSEA (4-2-3-1)

1-Arrizabala­ga (g); 28-Azpilicuet­a (c), 15-Zouma, 4-Christense­n, 33-Emerson; 5-Jorginho, 7-Kante; 11-Pedro, 19-Mount, 22-Pulisic; 18-Giroud

Frank Lampard

Lampard mengecam perlakuan rasis kepada penyerangn­ya, Tammy Abraham, di Piala Super Eropa lalu. Kegagalan menjalanka­n eksekusi penalti sebagai penendang kelima versus Liverpool membuat Abraham dicaci maki pendukung The Blues.

”Saya muak dengan mereka yang menyebut dirinya sebagai fans Chelsea. Tammy (Abraham, Red) meminta kepada saya untuk jadi algojo kelima karena ingin menunjukka­n kualitasny­a ketika seluruh dunia menyaksika­n,” ucap Lampard. ”Sementara pada kesempatan yang sama, seseorang yang hanya duduk di belakang keyboard, lalu mengirim pesan yang menjijikka­n,” tambah Lampard. Pelatih termuda Premier League musim itu sudah berbicara dengan Abraham terkait cacian rasis yang diterimany­a. Dan penyerang yang musim lalu dipinjamka­n ke Aston Villa tersebut menerima dengan besar hati untuk semua umpatan yang diterimany­a.

Pelatih Leicester Brendan Rodger kepada Leicester Mercury mengatakan, terlepas Chelsea sudah kalah beruntun di Premier League dan Piala Super Eropa, mereka adalah tim yang sukses finis posisi ketiga dan juara Liga Europa musim lalu.

”Dari prestasi itu saja sudah terlihat betapa bagusnya talenta yang ada dalam tim tersebut. Mereka pasti akan tampil luar biasa,” tutur Rodgers.

Eks pelatih Liverpool dan Swansea City itu juga membawa rasa penasaran ketika bermain di Stamford Bridge. Dalam 12 pertanding­an lawan Chelsea, Rodgers tak pernah menang. Seri enam kali dan kalah enam kali.

LEICESTER CITY (4-1-4-1)

1-Schmeichel (g/c); 21-Pereira, 4-Soyuncu, 6-Evans, 3-Chilwell; 25-Ndidi; 17-Perez, 20-Choudhury, 8-Tielemans, 10-Maddison; 9-Vardy Pelatih: Brendan Rodgers

LONDON, Jawa Pos – ’’Di ruang ganti kami memanggiln­ya Cebollas,’’ ungkap gelandang Real Madrid Isco kepada Marca tahun lalu. Ya, Cebollas merupakan julukan Dani Ceballos. Artinya, Si Bawang. Maklum, selama bersama Los Merengues –julukan Real–, Ceballos bukan pemain yang kerap menjadi penentu hasil akhir.

Musim lalu dia cuma mencatatka­n tiga gol dan dua assist dari 34 laga di semua ajang Real. Nah, bersama Arsenal musim ini, dia langsung mengawali kontribusi­nya tadi malam WIB. Dua gol kemenangan The Gunners –julukan Arsenal– atas Burnley di Emirates, London, terjadi lewat assist-assist-nya.

Ceballos yang menjadi kreator di balik gol Alexander Lacazette pada menit ke-13 dan Pierre-Emerick Aubameyang 51 menit kemudian. Ashley Barnes menjadi satu-satunya pencetak gol The Clarets – julukan Burnley– pada menit ke-43. Bagi Ceballos, dua assists-nya tersebut menjadi penanda debut starternya bersama Arsenal di Premier League.

Gelandang 23 tahun itu pun menjadi pemain Arsenal ketiga yang mampu melakukan dua kali assist atau lebih. Sebelum Ceballos, hanya Ray Parlour (melawan Liverpool, 23 Agustus 1992) dan hat-trick assist Henrikh Mkhitaryan ketika Arsenal menyikat Everton 5-1 pada matchweek ke-26 Premier League 2017–2018.

’’Awal yang bagus, dari sini saya mulai menikmati Premier League,’’ ungkap Ceballos dalam wawancaran­ya dengan Sky Sports. Ceballos hanya menjadi pemain pinjaman di klub dari London Utara itu dalam semusim ini. Dengan mengenakan jersey nomor 8, dia digadangga­dang bisa menjadi solusi pengganti Aaron Ramsey yang hengkang ke Juventus musim ini.

Tactician Arsenal Unai Emery mengungkap faktor di balik meledaknya Ceballos itu. Dia diberi peran tak seperti sepanjang di Los Merengues –julukan Real. Kemarin Ceballos bermain di posisi 10.

’’Saya sudah membahasny­a (posisi kesukaan Ceballos) sebelum dia datang di sini. Dia sudah menunjukka­n dirinya sudah lebih bagus,’’ ungkap Emery dikutip Football London.

 ??  ?? PEMBUKTIAN: Striker Chelsea Olivier Giroud (atas) bakal beradu ketajaman dengan striker Leicester Jamie Vardy pada laga Premier League di Stamford Bridge malam nanti WIB (18/8).
PEMBUKTIAN: Striker Chelsea Olivier Giroud (atas) bakal beradu ketajaman dengan striker Leicester Jamie Vardy pada laga Premier League di Stamford Bridge malam nanti WIB (18/8).
 ?? DANIEL LEAL-OLIVAS/AFP ?? KOLABORASI: Ekspresi Dani Ceballos (kiri) dan Alexandre Lacazette (kanan) setelah terciptany­a gol pembuka Arsenal ke gawang Burnley di Emirates Stadium, London, tadi malam WIB.
DANIEL LEAL-OLIVAS/AFP KOLABORASI: Ekspresi Dani Ceballos (kiri) dan Alexandre Lacazette (kanan) setelah terciptany­a gol pembuka Arsenal ke gawang Burnley di Emirates Stadium, London, tadi malam WIB.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia