Jawa Pos

Rombongan Jamaah Haji Mulai Pulang

Hari Pertama, 13 Kloter Kembali ke Indonesia

-

– Rangkaian ibadah haji telah berakhir. Jamaah gelombang satu mulai kembali ke tanah air kemarin (17/8). Ada 13 kloter yang bertolak ke Indonesia di kepulangan perdana itu. Secara simbolis, Menag Lukman Hakim Saifuddin melepas kloter asal Bogor JKS-01 di Tawarat Al Misfalah Hotel.

Delapan jam sebelum penerbanga­n, semua jamaah yang dijadwalka­n pulang harus sudah berangkat ke bandara Jeddah. ’’Selaku amirul hajj, atas nama seluruh petugas haji Indonesia, menyampaik­an permohonan maaf yang sebesar-besarnya jika pelayanan yang diberikan masih jauh dari sempurna,’ kata Lukman.

Menurut Lukman, petugas haji sudah memberikan pelayanan maksimal kepada hampir 214 ribu jamaah reguler Indonesia. Pelayanan diberikan di tempat dengan kondisi sosial, budaya, tradisi, dan adat istiadat, serta iklim yang berbeda dengan di Indonesia. ’’Kalau merasa tidak puas, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya,’’ jelasnya.

Dia berharap jamaah tidak membawa pulang kenangan yang kurang menyenangk­an. Lukman juga mengingatk­an jamaah untuk bersyukur karena bisa berangkat dan pulang dalam kondisi sehat. Tugas jamaah setelah pulang adalah menjaga kemabruran. Caranya ada dua. Yakni, mensyu

kuri kesempatan berhaji dan menjaga kualitas ibadah individu maupun sosial. ’’Pulang haji harus bisa menebarkan manfaat kepada sesama,’’ tuturnya.

Kepala Daker Makkah Subhan Cholid menuturkan, pada hari pertama pemulangan jamaah, ada 18 kloter yang berangkat menuju Jeddah. Namun, yang berangkat ke Indonesia hanya 13. Sisanya bertolak hari ini. Sepekan ke depan, selain mengatur pemulangan jamaah, petugas Daker Makkah mengatur jamaah gelombang dua yang menuju Madinah.

Ditemui di sela exit meeting di kantor urusan haji (KUH) di Jeddah kemarin sore, Subhan menuturkan bahwa proses pemulangan lancar.

Dalam exit meeting yang dipimpin Lukman Hakim Saifuddin itu, diungkapka­n pula isi pertemuan dengan Gubernur Makkah yang juga Wakil Ketua Komite Tertinggi Penyelengg­araan Haji Khalid Al Feisal bin Abdul Aziz di Mina pada 12 Agustus lalu.

Saat itu, Lukman meminta penambahan daya tampung tenda-tenda dan toilet di Mina bagi jamaah Indonesia. Usulannya, meningkatk­an bangunan tenda dan toilet. Lukman juga meminta agar layanan fast track bisa diterapkan di seluruh embarkasi.

 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? MENDARAT DI TANAH AIR: Jamaah haji kloter pertama asal Jakarta tiba di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, tadi malam (17/8).
HANUNG HAMBARA/JAWA POS MENDARAT DI TANAH AIR: Jamaah haji kloter pertama asal Jakarta tiba di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, tadi malam (17/8).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia