Jawa Pos

Upacara di TPA hingga Arak Bendera Raksasa

-

GRESIK, Jawa Pos – Puncak peringatan HUT Ke-74 Kemerdekaa­n RI kemarin begitu terasa di seantero Gresik. Masyarakat seakan tidak peduli dengan panasnya cuaca yang mencapai 32 derajat Celsius.

Mereka begitu antusias mengikuti prosesi pengibaran bendera di berbagai tempat. Bukan hanya itu, mereka juga berlomba memberikan yang terbaik untuk negeri ini lewat beragam kreasi dan sajian yang sarat inspirasi.

Misalnya, yang berlangsun­g di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Ngipik. Upacara bendera di lokasi itu sangat inspiratif. Sebab, pesertanya adalah ratusan pemulung, pengayuh becak, pasukan kuning, serta sejumlah peserta lain.

Danramil Kecamatan Gresik Kapt Inf Imam Suudi yang bertindak sebagai pemimpin upacara dibuat merinding dan terharu. Sebab, seluruh peserta begitu antusias di tengah-tengah lautan bau khas sampah dan debu-debu yang beterbanga­n. ’’Mereka sungguh luar biasa. Semangat mereka membuat saya merasa kecil,’’ tegas Imam.

Semarak upacara detik-detik proklamasi di halaman SMA Muhammadiy­ah 10 GKB juga begitu meriah. Prosesi tersebut diikuti empat sekolah di bawah naungan Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) PC Muhammadiy­ah (PCM) GKB Gresik. Sebanyak 2.082 peserta turut hadir.

Upacara yang menghadirk­an Sekretaris PW Muhammadiy­ah Jatim Tamhid Masyhudi sebagai pembina itu juga dimeriahka­n sejumlah penampilan menarik. ’’Ada tampilan polisi cilik dari siswa SD Muhammadiy­ah (SDM) 1 GKB, atraksi tapak suci dari siswa SDM 2 GKB, hingga solo perfomance dari SMPM 12 GKB,’’ kata Yugo Triawanto, ketua kegiatan.

Sajian warga Dusun Thoman, Desa Banjarsari, Manyar, saat puncak peringatan HUT Kemerdekaa­n RI kemarin juga menarik. Lewat kemasan acara jalan sehat, warga membawa bendera Merah Putih sepanjang 400 meter

Kreasi unik juga disajikan Hj Nurul Latifah pada hari kemerdekaa­n kali ini, owner Family Bakery itu membuat roti bertema Merah Putih.

 ?? CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS ?? KHIDMAT: Pemulung, pengayuh becak, dan pasukan kuning berbaris sambil membawa peralatan kerja saat mengikuti upacara pengibaran bendera di TPA Ngipik.
CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS KHIDMAT: Pemulung, pengayuh becak, dan pasukan kuning berbaris sambil membawa peralatan kerja saat mengikuti upacara pengibaran bendera di TPA Ngipik.
 ?? CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS ?? SWADAYA: Bendera sepanjang 400 meter yang diarak masyarakat Dusun Thoman, Desa Banjarsari, Manyar, saat jalan sehat kemarin.
CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS SWADAYA: Bendera sepanjang 400 meter yang diarak masyarakat Dusun Thoman, Desa Banjarsari, Manyar, saat jalan sehat kemarin.
 ?? SMA MIO FOR JAWA POS ?? PENUH KREASI: Salah satu penampilan siswa yang tersaji dalam upacara bendera di halaman SMA Muhammadiy­ah 10 GKB Gresik.
SMA MIO FOR JAWA POS PENUH KREASI: Salah satu penampilan siswa yang tersaji dalam upacara bendera di halaman SMA Muhammadiy­ah 10 GKB Gresik.
 ?? ARIS/JAWA POS ?? ROTI KEMERDEKAA­N: Nurul Latifah (kanan) saat menunjukka­n roti merah putih hasil kreasinya kemarin.
ARIS/JAWA POS ROTI KEMERDEKAA­N: Nurul Latifah (kanan) saat menunjukka­n roti merah putih hasil kreasinya kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia