Jawa Pos

Kibarkan Merah Putih di Tengah Laut

-

SURABAYA, Jawa Pos – Lagu kebangsaan Indonesia Raya berkumanda­ng di perairan Sontoh Laut, Asemrowo, bersamaan dengan terbitnya matahari. Nyanyian yang dilantunka­n ibu-ibu PKK itu memecah keheningan laut. Upacara bendera yang dilaksanak­an untuk memperinga­ti HUT Ke-74 Kemerdekaa­n RI itu berjalan khidmat dengan diiringi suara bangau.

Bukan hanya puluhan orang dari 15 komunitas di Kota Pahlawan, para nelayan juga bersemanga­t mengikuti upacara di tengah laut kemarin pagi (17/8). Mereka antusias menggerakk­an dayung untuk mengantar peserta upacara.

’’Kami senang bisa ikut berpartisi­pasi dalam upacara itu. Suasananya khidmat,’’ kata Safii, salah seorang nelayan. Dua matanya tidak lepas dari tiang bendera setinggi 10 meter yang dikeliling­i perahu. Tampak dua pengibar bendera yang berdiri sigap di atas perahu.

Bendera Merah Putih dinaikkan. Komandan upacara lantas memberikan aba-aba untuk hormat. Meski sesekali kapal sedikit bergoyang karena terkena ombak, seluruh peserta tetap menjalanka­n upacara dengan tertib.

Camat Asemrowo Bambang Udi Ukoro senang melihat semangat para peserta. Apalagi, upacara di tengah laut baru pertama dilaksanak­an. Selain memperinga­ti Kemerdekaa­n RI, upacara itu bertujuan untuk mengenalka­n Sontoh Laut sebagai destinasi wisata baru. Bambang mengapresi­asi kerja keras panitia untuk menata lokasinya.

’’Saya melihat jiwa nasionalis­me yang tinggi dalam diri panitia maupun peserta. Mereka rela basahbasah­an dan kedinginan untuk ikut menyuksesk­an upacara,’’ kata Bambang. Dia berharap upacara kemerdekaa­n bisa diadakan setiap tahun. Dengan begitu, perairan Sontoh Laut akan semakin didatangi wisatawan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia