Jawa Pos

Bikin Dulu, Sempurnaka­n Bisnis sambil Jalan

-

SURABAYA, Jawa Pos – Kian banyak anak muda zaman sekarang yang tergiur untuk terjun ke dunia digital. Misalnya, menjadi entreprene­ur maupun influencer lewat berbagai macam platform media sosial. Melihat fenomena tersebut, Universita­s Pelita Harapan (UPH) Surabaya mengundang YouTuber asal Jakarta Edho Zell untuk berbagi cerita di bidang industri kreatif pada event UPH Festival di Mal City of Tomorrow kemarin (17/8). Sebagai seorang YouTuber, influencer, dan pemilik bisnis start-up, Edho menyatakan lebih ingin memberikan motivasi awal kepada para mahasiswa yang hadir. ’’Lebih seperti menunjukka­n kepada mereka untuk mulai duluan. Soalnya, milenial sekarang itu lebih memilih menyempurn­akan dulu baru mau launching,’’ kata pemilik akun YouTubeden­gan 3,5 juta subscriber itu. Padahal, proses membuat sebuah karya atau bisnis tersebut baik.

Hal-hal yang dijumpai dalam bisnis para milenial adalah selalu menundanun­da untuk memulai. Kemudian, banyak yang urung diwujudkan. ’’Kebanyakan maunya ada krunya dulu, harus ada dananya dulu. Padahal, yang penting kami start dulu, terus diberitahu­kan ke masyarakat soal bisnis tersebut,’’ tambahnya. Dengan begitu, saat orangorang mulai tahu eksistensi tersebut, pasti ada yang mencoba bergabung atau bertanya-tanya.

Selain itu, dia berbagi soal tujuan awal jika ingin menjadi seseorang yang sukses. ’’Kalau 20 tahun lalu orang-orang yang sukses adalah orang-orang yang pintar dan ngerti strategi yang bagus buat berbisnis. Sekarang zaman sudah berubah. Mereka yang sukses lebih ke yang dapat memberikan solusi,’’ jelasnya.

Misalnya, sebuah aplikasi yang bisa mempermuda­h seseorang ke mana saja atau memesan apa saja hanya dengan aplikasi di ponsel pintar. ’’Mindset inilah yang harus ditanamkan. Jadi, apa pun yang temen-temen mau mulai, cari dulu tujuan yang bener. Mau bantuin orang atau mempermuda­h ekosistem bisnis atau apa pun itu. Kalau tujuan bisnis yang benar diikuti passion pasti bisa,’’ lanjutnya. Itulah hal-hal kecil yang sebenarnya kurang begitu diperhatik­an orang-orang dalam membaca era digital yang sebenarnya.

 ??  ?? YANG PENTING MULAI: Edho Zell menceritak­an pengalaman­nya menjadi YouTuber, influencer, dan pemilik bisnis start-up di Cito kemarin.
YANG PENTING MULAI: Edho Zell menceritak­an pengalaman­nya menjadi YouTuber, influencer, dan pemilik bisnis start-up di Cito kemarin.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia