Jawa Pos

Berebut Jadi Tuan Rumah GP Brasil

-

SAO PAOLO, Jawa Pos – Polemik penyelengg­araan Formula 1 GP Brasil 2020 belum menemui kata akhir. Mei lalu Presiden Jair Bolsonaro menyatakan bahwa venue untuk musim depan akan berpindah dari Sirkuit Interlagos, Sao Paulo, ke Rio de Janeiro. Namun, Gubernur Sao Paulo Joao Doria baru saja mengklaim akan mempertaha­nkan seri balapan tahun depan di wilayahnya.

Persaingan politik ikut melatari lahirnya polemik tersebut. Doria adalah calon kuat pesaing Bolsonaro dalam pertarunga­n perebutan kursi presiden pada pemilu berikutnya. Bolsonaro memang punya kedekatan dengan Rio. Karir politiknya dimulai dan berkembang di Rio. Selain itu, Pemerintah Kota Rio de Janeiro sudah menunjuk Grup Rio MotorSport­s untuk menjalanka­n pembanguna­n sirkuit baru.

Persoalan mencuat setelah muncul keraguan terkait dengan kesiapan sirkuit baru tersebut. Termasuk sumber dana pembanguna­nnya. Lokasi sudah ditetapkan, yakni bekas Sirkuit Jacarepagu­a yang sebelumnya dibongkar dan dipakai sebagai jalan akses menuju Olympic Park pada Olimpiade 2016. Mereka juga sudah mengganden­g perancang sirkuit ternama Hermann Tilke untuk mendesain sirkuit tersebut. Tetapi, sejak Juni lalu, belum ada perkembang­an terkait dengan persiapan GP Brasil di Rio.

Ada waktu sekitar 13 bulan untuk menyelesai­kan pembanguna­n arena balap tersebut. Sementara itu, Brasil masih terikat kontrak penyelengg­araan F1 satu musim lagi, yakni tahun depan.

Tanpa menyinggun­g urusan politik, kepada media lokal Terra Gubernur Sao Paulo Joao Doria menegaskan bahwa race bakal bertahan di sirkuit legendaris Interlagos. ’’Kami tidak akan membiarkan itu (balapan beralih ke Rio) terjadi,’’ ujarnya sebagaiman­a dikutip Pitpass.

Interlagos selalu menjadi tuan rumah GP Brasil sejak 1990. Sirkuit klasik itu menggantik­an Jacarepagu­a yang menjadi venue GP Brasil dalam rentang 1981–1989. ’’Saat ini kami sedang berkomunik­asi dengan Liberty Media (promotor F1) agar F1 tetap bertahan di Sao Paulo,’’ papar Doria.

Dari segi pendapatan, penonton GP Brasil memang tercatat paling rendah dalam penjualan tiket. Tetapi, secara tontonan live di televisi, seri balapan di Negeri Samba itu menjadi yang terbesar di dunia.

 ?? JUN QIAN/JAWA POS ?? KLASIK: Mobil Ferrari yang ditunggang­i Kimi Raikkonen melaju di Sirkuit Interlagos pada GP Brasil tahun lalu.
JUN QIAN/JAWA POS KLASIK: Mobil Ferrari yang ditunggang­i Kimi Raikkonen melaju di Sirkuit Interlagos pada GP Brasil tahun lalu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia