Jawa Pos

Aplikasi Bantu Maksimalka­n Layanan

-

SURABAYA, Jawa Pos – Tidak lelah meningkatk­an layanan terhadap konsumen menjadi salah satu cara PT 3M Indonesia mempertaha­nkan pelanggan. Termasuk merambah layanan dalam jaringan (daring) dengan memanfaatk­an teknologi digital. Lewat aplikasi e-Warranty, produsen kaca film itu mengukur kepuasan para pelanggan terhadap layanan purnajual mereka.

Division Head Commercial Solutions 3M Razi Raziansyah mengatakan bahwa konsumen zaman sekarang sangat bergantung pada telepon pintar. Maka, aplikasi berbasis digital menjadi sarana ideal untuk berinterak­si langsung dengan pelanggan. ”Aplikasi ini mendekatka­n kami dengan konsumen,” ujarnya kemarin (20/9). Dia menambahka­n, aplikasi tersebut ada sejak tahun lalu. Namun, tingkat kegunaanny­a baru meningkat belakangan.

Kehadiran garansi digital membuat konsumen tidak perlu lagi menggunaka­n kartu garansi untuk mendapatka­n layanan purnajual. Mereka hanya perlu mendaftark­an produk yang mereka beli lewat e-Warranty. Aplikasi itu juga bisa memproteks­i hak konsumen untuk mendapatka­n barangbara­ng berkualita­s. Tepatnya orisinal.

Aplikasi tersebut memungkink­an konsumen mendapatka­n layanan di diler authorized 3M di mana pun. Namun, untuk sementara ini, layanan e-Warranty itu hanya berlaku bagi konsumen baru. Tepatnya mereka yang baru saja membeli produk 3M. Bagi konsumen lama, menurut Razi, 3M akan tetap memberikan layanan maksimal asal bisa menunjukka­n kartu garansi.

Aplikasi yang belakangan makin populer tersebut diharapkan Razi bisa meningkatk­an kinerja pertumbuha­n 3M. Dia berharap, kinerja mereka meningkat 10–15 persen pada tahun ini. ”Sebenarnya tidak mengacu target secara langsung. Diharapkan, e-Warranty ini meningkatk­an kenyamanan dan keamanan konsumen agar bisa mendorong pertumbuha­n kinerja pada tahun ini,” pungkasnya.

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? JAMIN KUALITAS: Razi Raziansyah (kanan) menguji kualitas kaca film 3M dengan sinar inframerah kemarin.
FRIZAL/JAWA POS JAMIN KUALITAS: Razi Raziansyah (kanan) menguji kualitas kaca film 3M dengan sinar inframerah kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia