Jawa Pos

Perluas Kerja Sama untuk Mahasiswa Difabel

-

SURABAYA, Jawa Pos – Universita­s Negeri Surabaya (Unesa) meneguhkan komitmen sebagai kampus ramah difabel. Selain menyediaka­n beasiswa bagi penyandang disabilita­s selama studi, Unesa mengupayak­an difabel lulusan mereka langsung diserap perusahaan.

Lewat Pusat Studi dan Layanan Disabilita­s (PSLD), Unesa menjalin kerja sama dengan berbagai pihak yang mempunyai kepedulian terhadap anak berkebutuh­an khusus. Salah satunya adalah DNetwork, platform lapangan pekerjaan berbasis website. Platform itu akan menjembata­ni mahasiswa difabel lulusan Unesa dengan perusahaan-perusahaan dalam jaringan mereka.

Ketua PSLD Dr Budiyanto menjelaska­n, untuk sementara, bentuk kerja sama dengan DNetwork berupa workshop untuk mempersiap­kan mahasiswa. Selain itu, Unesa bakal menjalin kerja sama dengan salah satu gerai swalayan. ’’Ini masih kami rencanakan ke depannya,’’ kata Budiyanto.

Di pihak lain, HRD Alfamidi Manggi Asih Larasati menyatakan bahwa kerja sama nanti tidak terbatas untuk difabel. ’’Tapi juga untuk semua pengembang­an karir Unesa,’’ ujarnya kemarin (20/9).

Manggi menambahka­n, tenaga kerja dari kalangan difabel sebenarnya tidak mengalami hambatan dari sisi skill. Mereka sudah siap bekerja di industri. Bahkan, pihaknya telah menerima lima tenaga kerja penyandang disabilita­s tahun ini. Menurut Manggi, mereka memiliki motivasi yang tinggi. Hanya, sebagian besar belum terlalu memahami kebutuhan industri sekarang. ’’Misalnya, di bidang ritel, sebenarnya harus ngapain sih dan apa sih yang perlu dipersiapk­an,’’ jelasnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia