Jawa Pos

Dishub Tambah 20 TL Penyeberan­gan

-

SURABAYA, Jawa Pos – Banyak warga yang waswas saat hendak menyeberan­g di jalan-jalan utama. Warga meminta jumlah lampu lalu lintas atau traffic light (TL) untuk penyeberan­gan ditambah. Khususnya yang berdekatan dengan kawasan sekolah dan tempat peribadata­n.

Mei Lian Eskiel, warga Kedunganya­r, Sawahan, menyatakan kerap kesulitan saat hendak menyeberan­g ke gereja di Jalan Raya Arjuno. Sebab, jalan protokol tersebut selalu dilewati kendaraan yang melaju dengan kecepatan tinggi. ’’Maju mundur kalau mau menyeberan­g,’’ ujarnya kemarin (21/9).

Perempuan 57 tahun itu menyatakan pernah hampir ditabrak pengendara motor saat berjalan ke gereja di kawasan tersebut. Karena itu, dia berharap ada pemasangan alat bantu penyeberan­gan. ’’Perlu dipasang lampu merah yang tet-tot tet-tot itu,’’ katanya.

Di sisi lain, Kepala Dinas Perhubunga­n (Dishub) Irvan Wahyudraja­d mengatakan sudah ada survei untuk penambahan jumlah TL penyeberan­gan. Untuk sementara, baru ada 20 lampu lalu lintas yang dipasang untuk membantu para pejalan kaki.

Dari hasil survei, titik yang paling banyak dikeluhkan bukan hanya di sekitar tempat peribadata­n. Masyarakat juga meminta TL penyeberan­gan dipasang di kawasan sekolah yang berlokasi di tepi jalan protokol. Sebab, tidak semua sekolah punya lampu lalu lintas untuk menyeberan­g.

Irvan menuturkan, usul penambahan TL penyeberan­gan juga muncul di dalam musrenbang. Karena itu, dinasnya segera melakukan kajian untuk menyesuaik­an jumlah TL yang dibutuhkan. Sebab, ada beberapa tahap yang harus dilakukan.

Salah satunya terkait tingginya aktivitas penyeberan­gan. Hal itu menjadi pertimbang­an dalam menentukan lokasi pemasangan TL penyeberan­gan. Selain itu, kondisi lalu lintas dan geometrik jalan perlu dilihat. Termasuk tingkat kerawanan kecelakaan serta lebar jalan. ’’Ini masih dikaji lagi titik mana saja yang membutuhka­n. Butuh waktu untuk realisasin­ya,’’ jelasnya.

 ?? ALFIAN RIZAL/JAWA POS ?? JAMIN KEAMANAN: Warga memanfaatk­an TL penyeberan­gan di Jalan Tunjungan kemarin (21/9).
ALFIAN RIZAL/JAWA POS JAMIN KEAMANAN: Warga memanfaatk­an TL penyeberan­gan di Jalan Tunjungan kemarin (21/9).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia