Jawa Pos

Cari Calon Dirut yang Siap Mengabdi

-

SURABAYA, Jawa Pos – Wali Kota Surabaya Tri Rismaharin­i buka suara soal rekrutmen direktur utama PD Pasar Surya. Dia menyebutka­n, calon direktur itu harus tahu bahwa perusahaan tersebut milik Pemkot Surabaya sehingga juga mengedepan­kan pelayanan kepada masyarakat.

Risma menuturkan, tidak mudah menunjuk seseorang untuk bisa menjadi direktur utama di PD Pasar Surya. Orang tersebut harus tahu betul dan menyadari sejak awal bahwa PD Pasar Surya itu milik Pemkot Surabaya. ’’Jadi, bukan hanya menyewakan. Tapi, ada unsur di mana peran pemerintah untuk membantu masyarakat­nya,’’ ungkap Risma kemarin (21/9).

Sejatinya, rekrutmen direktur utama PD Pasar Surya sudah dilakukan tiga kali. Tapi, belum juga ada sosok yang dianggap mampu memegang kendali penuh atas perusahaan terebut. Selama belum ada direktur utama definitif, pemkot menunjuk pelaksana tugas.

Lebih lanjut, Risma mengungkap­kan bahwa orang yang menjadi direktur utama PD Pasar Surya juga harus profesiona­l dalam mengelola perusahaan. Kriteria seperti itulah yang sejauh ini dianggap belum ditemukan.

’’Kadang di situ cuma cari uang, ya semua cari uang, tapi bisa kan dengan hati. Ada pengabdian­nya,’’ ungkap alumnus ITS tersebut.

Risma mencontohk­an Direktur Utama PD Taman Satwa KBS Chairul Anwar. Sejauh ini KBS telah ditata dengan cukup baik. Pengakuan atas kondisi KBS yang semakin bagus itu datang dari banyak orang. ’’Gak mawaki klemak-klemek tapi dadi. Bagus kan KBS sekarang itu,’’ ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Perekonomi­an dan Usaha Daerah kota Surabaya Khalid mengungkap­kan bahwa pemkot juga sedang berkoordin­asi dengan badan pengawas KBS terkait dengan teknis rekrutmen direksi tersebut. Dia menyebutka­n, akan disiapkan anggaran cukup besar untuk rekrutmen itu. Biayanya tak lebih dari Rp 300 juta.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia