Jawa Pos

Tanamkan Cinta Perdamaian

-

SURABAYA, Jawa Pos – Ratusan anak usia 4–13 tahun memadati atrium lantai UG Lenmarc kemarin (21/9). Mereka tampak serius menggambar di kertas putih. Mereka berusaha menghadirk­an simbol-simbol yang sesuai untuk mengampany­ekan perdamaian. Anakanak itu memang tengah mengikuti lomba Poster Perdamaian 2019–2020 yang diselengga­rakan Lions Clubs Internasio­nal.

Acara bertajuk Journey of Peace itu diikuti sekitar 300 anak untuk usia 4–6 tahun pada kategori A dan sekitar 270 anak usia 7–13 tahun pada kategori B dan C.

Lionel Indra Prayitno, salah seorang peserta pada kategori B dan C, menggambar bola dunia yang di atasnya terdapat sayap burung dengan lambang perdamaian di tengahnya. Di tengah-tengah bola dunia itu, dia juga menggambar dua tangan yang bersalaman. Bola dunia tersebut memiliki pintu yang lengkap dengan jalan setapaknya. Sekumpulan orang berbagai agama berjalan masuk lewat pintu bola dunia itu. ”Orang-orang berbagai agama sama-sama jalan masuk menuju perdamaian,” tutur Indra sembari memberi warna gambarnya tersebut.

Stella Ekasari Gunawan, ketua Komite Peace Poster Contest seluruh distrik 307 B-2 atau distrik Jawa Timur dan sekitarnya, mengatakan bahwa kontes poster tersebut bertujuan menanamkan jiwa perdamaian generasi sejak dini.

Stella menambahka­n, lomba melukis perdamaian tersebut dihelat di seluruh kota di Indonesia. Setiap distrik akan diambil satu yang terbaik yang kemudian diikutkan dalam kompetisi serupa secara nasional. Kemudian, peserta terbaik nasional akan dikirim ke tingkat internasio­nal. ”Kami kerja sama dengan PBB. Peserta yang lolos di nasional ikut ke internasio­nal dan dinilai langsung pihak PBB,” ujarnya.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia