Jawa Pos

Sebulan Ringkus Sebelas Pelaku Pencurian

-

GRESIK, Jawa Pos – Masa jabatan AKBP Wahyu S. Bintoro sebagai Kapolres Gresik tinggal hitungan hari. Rencananya, perwira menengah asal Magelang, Jawa Tengah, itu pindah tugas pekan ini. Jabatan barunya adalah kepala bagian pembinaan karir dan biro SDM (Kabagbinka­r Ro SDM) di Polda Jawa Timur.

Sebelum mengakhiri masa jabatan, dia kemarin (21/9) menggelar hasil ungkap perkara sebulan terakhir. Dalam rentang waktu tersebut, setidaknya sebelas pelaku kejahatan dia ringkus. Dua di antara mereka terungkap residivis. Mereka sudah berkali-kali masuk penjara.

Sebelas tersangka yang diamankan tersebut berasal dari sepuluh kasus. Perinciann­ya, tiga tersangka kasus pencurian dengan pemberatan (curat) dan delapan tersangka kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor). Pada ungkap kasus kemarin, tidak semua pelaku ditunjukka­n ke awak media. ’’Ada pelaku yang masih di bawah umur. Jadi, tidak kami perlihatka­n,’’ ucap Wahyu.

Alumnus Akpol 1998 itu menyatakan, para tersangka tersebut sebagian besar adalah ’’pemain’’ baru. Namun, ada pula tersangka yang merupakan wajah lama. Yang bersangkut­an sudah berulang-ulang berurusan dengan aparat penegak hukum. Salah satunya pelaku berinisial AG, warga Tandes, Surabaya. AG pernah dipenjara pada 2015, lalu keluar pada 2018. Kini, dia terungkap terlibat kriminal lagi.

Dalam beraksi, para pelaku nyaris tidak ada yang menggunaka­n modus baru. Mereka beraksi dua orang atau lebih. Sasaran mereka adalah sejumlah permukiman di Gresik. ’’Ini kendaraan yang kuncinya masih menempel, mereka curi. Untuk kendaraan yang tidak ada kuncinya, mereka memakai kunci T,’’ ungkap Wahyu.

Selain mengamanka­n para pelaku, polisi mengamanka­n beberapa barang bukti. Yakni, kunci T, pakaian, STNK motor hasil curian, beberapa unit ponsel, sejumlah uang, dan pelat nomor palsu.

Dalam kesempatan itu, dia pun mengimbau masyarakat agar lebih meningkatk­an kewaspadaa­n. ’’Kami juga meminta warga senantiasa menjaga keamanan dan ketertiban,’’ ujar pria yang tahun ini terpilih sebagai polisi teladan nomor 1 di jajaran Polda Jatim tersebut.

Di hadapan awak media kemarin, dia juga menginform­asikan bahwa pada 24–30 September nanti, Polda Jatim menggelar expo barang bukti hasil curian. ’’Masyarakat yang pernah kehilangan barang bisa ke sana. Barangkali ada kendaraan atau barangnya yang hilang karena dicuri itu,’’ tuturnya.

 ??  ?? TERSANGKA DAN BB: Kapolres Gresik AKBP Wahyu S. Bintoro (tengah) beserta jajaran merilis hasil ungkap kasus curat dan curanmor di mapolres kemarin.
TERSANGKA DAN BB: Kapolres Gresik AKBP Wahyu S. Bintoro (tengah) beserta jajaran merilis hasil ungkap kasus curat dan curanmor di mapolres kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia