Jawa Pos

Gudang Mebel Habis Dilalap Api

-

SURABAYA, Jawa Pos – Dua kebakaran terjadi di kawasan Surabaya Timur kemarin. Antara lain, gudang mebel dan warung makanan di Medokan Asri. Kejadian lainnya menimpa salah satu rumah tinggal di Rungkut Barata. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

Satu laporan kebakaran dilaporkan lewat handie-talkie (HT) petugas pemadam kebakaran (PMK) pada pukul 04.56. Puluhan armada PMK bergegas mendatangi lokasi tempat kejadian kebakaran (TKK) di Medokan Asri.

Saat petugas PMK tiba di lokasi, kobaran api sudah membesar. Asap hitam pekat membubung tinggi. Beruntung, beberapa pekerja yang tinggal di dalam gudang dapat keluar dari TKK.

Adi, 32, salah satu pekerja, mengatakan bahwa ada empat orang yang tinggal di sana. Pemilik menyediaka­n ruang tidur untuk mereka. Saat itu mereka tertidur pulas. ’’Saya dibangunka­n teman yang di samping. Dia terbangun setelah mendengar suara letupan dan listrik mati,’’ ungkapnya. Saat itu, menurut dia, api cepat menyambar sisi belakang gudang. Sebab, mayoritas material bangunan berupa kayu dan seng.

Adi menjelaska­n, awalnya api berasal dari kedai makanan di sebelah, lalu merembet ke gudang mebel. ’’Tapi, saya enggak tahu penyebabny­a. Yang saya tahu, pemilik meninggalk­an kedainya sekitar pukul 03.00,” katanya.

Kabid Operasiona­l Dinas PMK Bambang Vistadi menuturkan, pihaknya menerjunka­n 16 armada ke TKP. ’’Api bisa dipadamkan selang satu jam setelah laporan kebakaran diterima. Posisi kedai dengan gudang berdempeta­n,’’ ucapnya. Apalagi, mayoritas material dua bangunan itu kayu dan seng sehingga api cepat merembet.

Sementara itu, kebakaran juga terjadi di rumah milik Safrudin di kawasan Rungkut Barata. Yang terbakar adalah dapur. Beruntung, api tidak merembet ke bagian rumah lainnya.

Bambang menyatakan, kebakaran tersebut terjadi lantaran salah seorang penghuni rumah lupa mematikan kompor setelah memasak. ’’Seketika menyambar ke atas dan dinding-dinding,’’ katanya.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia