Jawa Pos

Besok, Siap-Siap Osowilangu­n Padat Lagi

Pembetonan Rampung, Truk Boleh Melintas

-

SURABAYA, Jawa Pos – Masyarakat yang tinggal di sekitar Jalan Osowilangu­n harus bersiapsia­p kembali mendengark­an kebisingan suara truk. Mulai besok (23/9), kendaraan roda enam atau lebih diperboleh­kan melintas lagi di jalur utara Surabaya. Sebab, proyek peninggian kawasan Jembatan Branjangan rampung.

Berdasar informasi, masa sterilisas­i truk di Jalan Osowilangu­n berlaku pada 2–22 September. Artinya, hari ini merupakan akhir dari penerapan rekayasa lalu lintas.

Kasatlanta­s Polres Pelabuhan Tanjung Perak AKP Ayip Rizal memastikan tidak ada masa perpanjang­an larangan truk melintas. Dengan demikian, larangan truk melintas akan dicabut mulai besok. ’’Kesepakata­nnya sampai 22 September. Besok bakal normal lagi,’’ katanya.

Perwira tersebut mengingatk­an pengendara untuk waspada saat melewati Osowilangu­n dan sekitar Jembatan Branjangan. Sebab, ada potensi peningkata­n arus lalu lintas kendaraan. Dia menegaskan, polisi bakal terus melakukan pengawasan di jalur nasional.

Adanya pencabutan larangan tentu saja disambut baik pengusaha dan sopir truk. Sebab, mereka tak perlu lagi melewati tol untuk melakukan perjalanan Surabaya–Gresik atau sebaliknya. Pengusaha tak lagi mengeluark­an biaya tambahan.

Para sopir truk sudah ngebet ingin melewati jalan raya lagi. Bahkan, ada truk kontainer yang nekat menerobos Jalan Osowilangu­n kemarin (21/9). Sopir sempat menjadi bulanbulan­an warga.

Dari pantauan Jawa Pos, proyek pembetonan kawasan sekitar Jembatan Branjangan sudah rampung. Ada sedikit ruas jalan yang belum diaspal. Namun, sisa pengerjaan diprediksi selesai hari ini.

Pejabat Pembuat Komitmen Ruas Surabaya–Gresik BBPJN VIII Merlan Efendi menambahka­n, proyek pembetonan memang telah selesai. Nanti ada evaluasi bersama terkait pengerjaan. BBPJN bakal berembuk dengan kontraktor.

’’Jalan ditinggika­n hingga 80 sentimeter. Adanya selisih yang cukup besar dengan bahu jalan berpotensi mengakibat­kan kecelakaan,’’ kata Merlan. Dia mengaku sudah memikirkan solusi ke depan. Salah satunya pemasangan pembatas permanen dari besi di bagian tepi.

’’Namun, hal itu perlu waktu,’’ ucapnya. Sebagai langkah awal, dia menyebut BBPJN berencana memasang traffic cone untuk memberikan peringatan kepada pengendara. Nanti, lampu juga ditambah untuk mencegah terjadinya kecelakaan.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? WASPADA: Larangan truk melintas di Jalan Osowilangu­n berakhir hari ini. Besok, arus lalu lintas diperkirak­an meningkat.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS WASPADA: Larangan truk melintas di Jalan Osowilangu­n berakhir hari ini. Besok, arus lalu lintas diperkirak­an meningkat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia