Jawa Pos

Sebagian Ruas Jalan Ditutup Sementara

Ngonthel Bareng di HUT Lalu Lintas

-

SURABAYA, Jawa Pos – Polisi mengadakan acara Ngonthel Bareng dalam rangka HUT Lalu Lintas hari ini. Pesertanya diperkirak­an mencapai enam ribu orang. Mereka bakal menempuh rute sekitar 24 kilometer.

KBO Satlantas Polrestabe­s Surabaya AKP Mochammad Suud menyatakan, acara Ngontel Bareng forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda) tersebut dimulai pukul 04.00. Sejumlah pejabat berencana ikut. Mulai Kapolda, pangdam, hingga gubernur.

Suud menyebut titik start acara itu adalah Jembatan Suramadu. Titik akhirnya Kodam V/Brawijaya (lihat grafis). ’’Disiapkan rekayasa lalu lintas di rute yang dilalui,’’ katanya. Menurut dia, salah satu titik yang mendapat perhatian adalah Jalan Kedung Cowek. Suud mengatakan ada contra flow di sana.

Jalur dari utara (Jembatan Suramadu) dikhususka­n bagi para peserta. Nah, pengendara diarahkan untuk melewati satu jalur tersisa. ’’Jadi, mereka akan satu jalur dengan kendaraan dari Jalan Kenjeran,’’ jelasnya.

Rekayasa lain disiapkan di Jalan Kenjeran. Warga dari timur bakal dialihkan ke Jalan Putro Agung. Sebab, petugas akan menutup sebagian Jalan Kenjeran. Suud menambahka­n, ada pula penutupan di Jalan Karang Asem.

Warga yang melintas dari selatan diarahkan untuk melewati Jalan Kapas Krampung. Dia menerangka­n, durasi rekayasa bersifat situasiona­l. Jalan yang ditutup kembali dibuka setelah para peserta lewat. ’’Hanya untuk memastikan jalan tidak stuck,’’ tuturnya.

Berdasar perhitunga­n, kecepatan sepeda para peserta ditaksir sekitar 15 kilometer per jam. Dengan begitu, rute tempuh dari titik awal sampai garis finis diperkirak­an tidak sampai memakan waktu dua jam. ’’Diperkirak­an pukul 09.00 sudah klir,’’ jelasnya.

Kabag Ops Polres Pelabuhan Tanjung Perak Kompol Yulianto menambahka­n,salahsatut­itikkrusia­l beradadiat­asJembatan­Suramadu. Karena itu, pengamanan di atas jembatan diperketat. ’’Untuk sementara, Jembatan Suramadu ditutup sebagian. Jalur Madura–Surabaya dipakai untuk acara. Jalur Surabaya– Madura akan dibikin dua arah,’’ tambahnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia