Jawa Pos

Terinspira­si Albino

hingga Bisbol

-

SURABAYA, Jawa Pos – Disenthral­l menjadi tema besar pergelaran graduation show Fakultas Industri Kreatif Ubaya tahun ini. Tema tersebut dibagi menjadi dua. Yakni, Flawful dan The Games. Sebanyak 28 mahasiswa prodi desain fashion dan produk lifestyle menunjukka­n masterpiec­e mereka di Chameleon Hall Tunjungan Plaza 6 kemarin (21/9).

Di antaranya, Nia Krisanti yang mengusung Human Being dan Nancy Restiandin­i dengan Sentoki. Human Being milik Nia masuk ke dalam tema Flawful yang dibuatnya karena terinspira­si penderita albino. ”Kan flawful sendiri itu artinya ketidaksem­purnaan. Jadi, saya terinspira­si mereka yang kulitnya tidak sempurna karena kekurangan pigmen,” terang Nia.

Namun, menurut perempuan 22 tahun tersebut, justru itulah yang membuat mereka unik. ”Itulah kenapa yang saya ambil warna-warna seperti putih dan abu-abu,” jelasnya. Dalam kain yang berwarna cerah tersebut, dia menambahka­n motif merah, biru tua, dan hitam. ”Untuk motif itu terinspira­si dari mata mereka. Kalau dilihat sekilas, mata mereka itu merah. Tapi, sebenarnya juga masih ada hitam dan biru tua,” sambungnya.

Berbeda lagi dengan karya milik Nancy yang masuk tema The Games. Dia mengangkat permainan bisbol Hokkaido dari Jepang. ”Makanya judulnya Sentoki yang diambil dari bahasa Jepang. Artinya, pejuang atau fighter,” terangnya. Jika dilihat sekilas, pada karyanya yang didominasi warna biru-putih itu, ada tali yang menonjol.

”Talinya itu dibuat seperti motif bola bisbol,” jelasnya. Namun, justru memberikan tali pada karyanya adalah hal yang paling sulit bagi Nancy. Perempuan yang juga menekuni profesi make

up artist itu mengaku harus melubangin­ya satu-satu. ”Bener-bener pakai paku satu-satu

ngelubangi­nya,” cerita Nancy, lantas tertawa. Para mahasiswa angkatan 2015 tersebut tidak hanya ditantang untuk membuat karya desain busana, tapi juga aksesori dari ujung kepala hingga ujung kaki. ”Aku di sini buat tas dari kulit sintetis yang bentuknya seperti topi bisbol. Jadi, kesan sporty-nya bisa tambah kuat lagi,” imbuh Nancy.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? SUKA YANG TAK SEMPURNA: Beberapa rancangan karya mahasiswa Ubaya di Chameleon Hall Tunjungan Plaza 6 kemarin (21/9).
DIPTA WAHYU/JAWA POS SUKA YANG TAK SEMPURNA: Beberapa rancangan karya mahasiswa Ubaya di Chameleon Hall Tunjungan Plaza 6 kemarin (21/9).
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia