Jawa Pos

Pemprov Siapkan Tistas untuk MA Swasta

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pemprov Jawa Timur sedang menyiapkan program lanjutan untuk pendidikan gratis berkualita­s (tistas). Selama ini, pemberian bantuan penunjang operasiona­l penyelengg­araan pendidikan (BPOPP) menyasar siswa SMA/SMK negeri dan swasta di Jatim. Nah, kini pemprov juga tengah menggagas subsidi SPP untuk siswa madrasah aliyah (MA) swasta.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, pihaknya berencana memberikan subsidi SPP untuk siswa MA swasta. Jika tidak ada aral melintang, program itu dilaksanak­an pada tahun pelajaran baru Juli 2020. ”Supaya siswa MA swasta bisa menikmati keringanan biaya sekolah sebagaiman­a yang diterapkan di SMA/SMK,” ujarnya.

Untuk merealisas­ikannya, anggaran subsidi SPP MA swasta tersebut harus dialokasik­an. Karena itu, pembahasan perlu dilakukan. Termasuk penyesuaia­n dengan rancangan anggaran pendapatan danbelanja­daerah(RAPBD)Jatim.

”Sekarang menunggu proses pembahasan­nya, juga besaran alokasi anggaranny­a dengan DPRD Jatim,” terang perempuan yang pernah menjabat sebagai menteri sosial dan menteri pemberdaya­an perempuan tersebut.

Sebagaiman­a diketahui, program pendidikan gratis berkualita­s merupakan program prioritas Pemprov Jatim. Program itu juga menjadi salah satu janji kampanye Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Wakil Gubernur Emil Elestianto Dardak. Melalui program tistas tersebut, Khofifah berharap indeks pembanguna­n manusia (IPM) Jatim yang kini berada di peringkat ke-15 secara nasional juga bisa semakin terdongkra­k.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia