Jawa Pos

Satpas Mulai Layani Smart SIM

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Pemohon surat izin mengemudi (SIM) di Kota Delta sudah bisa memiliki smart SIM. SIM pintar dengan fitur-fitur baru itu sudah siap di Satlantas Polresta Sidoarjo. Total 16.000 material SIM baru tersedia.

Kasatlanta­s Polrestsa Sidoarjo Kompol Fahrian Siregar menjelaska­n, selama sebulan lalu, material SIM habis. Dia menerima laporan ada ”tanggungan” sekitar 10.000 SIM dari pemohon. Sekarang petugas siap mencetak. Masyarakat bisa segera mengambiln­ya.

”Senin (hari ini, Red) silakan datang ke satpas kami. Buka pukul 13.00– 17.00,” jelasnya.

Untuk mencegah antrean panjang, Fahrian mencetak SIM sejak Sabtu (21/9). Setiap pemohon baru tidak perlu menunggu hingga Senin (23/9). Begitu pula perpanjang­an SIM. Mereka bisa mengajukan permohonan di satpas, lalu bisa langsung mendapatka­n SIM baru.

Smart SIM itu dilengkapi fitur baru. Cipnya berfungsi sebagai data forensik kepolisian. Selain identitas kependuduk­an, cip itu akan merekam setiap riwayat pelanggara­n yang dilakukan pengendara. SIM pintar juga dapat digunakan untuk pembayaran elektronik. ”Namun, saat ini belum bisa. Sedang masa percobaan,” tuturnya.

Karena masih tahap pengembang­an, warga tidak perlu terburu-buru mengganti SIM lama dengan baru untuk merasakan manfaat fitur baru itu. Polresta pun masih mempriorit­askan pemohon baru, perpanjang­an SIM, dan pengganti kartu rusak.

”Tidak perlu khawatir. Untuk material, kami sudah siapkan 16.000 blangko. Bulan depan ditambah lagi,” ujarnya.

Salah seorang penerima SIM pintar Muchammad Nasrullah mengaku kaget saat memperpanj­ang SIM. Warga Desa Pepe, Sedati, itu menerima jenis kartu berbeda.

”Ternyata ini baru. Bentuknya lebih simpel dan bagus. Fotonya ada dua,” katanya sambil menunjukka­n SIM baru kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia