Jawa Pos

Terusik Cruijff Turn dan Stegen

-

Seiring Joshua Kimmich digeser ke gelandang bertahan untuk memperkuat perebut bola di sentral permainan, Pavard mungkin mengisi sektor bek kanan. Masalahnya, Pavard tidak secekatan Kimmich. Disebut mulai menemukan kenyamanan bersama Die Roten. Dalam dua laga terakhir Bayern, pemain yang dipinjamka­n oleh FC Barcelona itu berkontrib­usi 2 gol dan 2 assist.

DEPAN

Dari 9 laga di semua ajang, Lewy menorehkan 12 gol. Di musim ini, praktis hanya dalam ajang DFL-Supercup (4/8) bomber timnas Polandia tersebut gagal mencatatka­n namanya di papan skor.

KOMPARASI sebanding dalam skuad Tottenham Hotspur dan Bayern Muenchen bukan hanya posisi nomor 9. Juga ada perbanding­an setara di bawah mistar. Hugo Lloris dari Spurs dan Manuel Neuer di kubu Bayern.

Bahkan, Lloris dan Neuer menjabat rangkap kapten, baik di klub maupun timnas. Lloris di timnas Prancis dan Neuer bersama timnas Jerman. Sayang, menghadapi laga dini hari nanti, sorotan untuk kedua kiper lebih bernada negatif.

Untuk Lloris, penjaga gawang berusia 32 tahun itu masih dikritik karena kesalahan saat menghadapi Southampto­n pada matchweek ketujuh Premier League (28/9). Aksi Lloris memutar tubuh untuk mengelabui penyerang Southampto­n Danny Ings gagal. Bola kemudian dicuri Ings dan berbuah gol.

Gerakan tipuan Lloris itu dipopulerk­an legenda Belanda Johan Cruijff alias Cruijff turn. ’’Hal-hal itu sering terjadi di sepak bola. Ketika seorang pemain ingin melakukan sesuatu di lapangan yang ternyata situasinya tidak ideal,’’ bela pelatih Spurs Mauricio Pochettino kepada Sky Sports.

Sementara itu, kabar paling sering dibicaraka­n dari Neuer belakangan ini berkaitan dengan status kiper nomor satu Jerman. Ada komplain dari kiper FC Barcelona Marc-Andre ter Stegen yang merasa tidak diperlakuk­an adil lantaran hanya menjadi cadangan abadi Neuer.

Di sisi lain, meski menjadi pertemuan pertama dalam baju Spurs dan Bayern dini hari nanti, Lloris dan Neuer sudah pernah head-to-head di tim yang lama. Yakni, Lloris di Olympique Lyon dan Neuer bersama Schalke 04. Pertemuan terjadi dua kali.

Yakni, fase grup Liga Champions 2010–2011. Pada matchday pertama grup B di kandang, Lloris dan Lyon menang 1-0. Namun, pada matchday kelima, NeuerSchal­ke membalas dengan 3-0.

Di level timnas, Lloris versus Neuer juga sudah terjadi empat kali. Lloris menang tiga kali dan Neuer hanya menang sekali.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia