Jawa Pos

Tuntaskan Plengsenga­n Sisi Barat Lebih Dulu

-

SURABAYA, Jawa Pos – Plengsenga­n alias dinding saluran air di sekitar Rungkut Mapan Utara masih diperbaiki kemarin (30/9). Sejumlah pekerja membongkar bekas dinding batu yang ambrol. Sementara itu, plengsenga­n di sisi barat tuntas dibenahi.

Dari pengamatan, bagian tanah sisi dinding sudah dikeruk dan diratakan. Material pembatas berbahan kayu pun disiapkan. Pengerjaan bakal berlanjut ke sisi timur. Termasuk pengerukan sedimen saluran air yang membelah Jalan Rungkut Mapan itu.

Lurah Rungkut Tengah Luhur Budi Utomo mengatakan, perbaikan dinding saluran itu dikerjakan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Surabaya. ”Sejak sebulan lalu. Cuma, bertahap dari sisi barat dulu,” ujarnya.

Dia menyatakan, longsornya plengsenga­n itu membuat warga sekitar khawatir. Saluran menyempit dan dangkal hingga berisiko menimbulka­n banjir di kawasan tersebut. Karena itu, pemkot bergerak cepat dengan membenahi plengsenga­n sekaligus membuat jalur saluran baru.

Limbah air warga yang mandek di saluran area permukiman diharapkan tidak terjadi lagi. ”Bau tak sedap itu bersumber dari endapan limbah yang tidak terhubung ke saluran utama. Nanti dibikin baru. Ada beberapa jalur lubang pembuangan mungkin,” ujarnya.

Selain endapan lumpur, sisa batuan yang terjatuh di saluran air bakal diambil. Tujuannya, batas ketinggian tetap terjaga dan tidak dangkal.

Soal target tuntas, pihaknya belum bisa menjabarka­n secara detail. Sebab, teknisnya berada di DPUBMP. Yang jelas, harapannya bisa segera rampung sebelum musim hujan.

 ?? ROBERTUS RISKY/JAWA POS ?? BERTAHAP: Pengerjaan plengsenga­n saluran Rungkut Mapan Utara di sisi timur yang belum selesai kemarin (30/9).
ROBERTUS RISKY/JAWA POS BERTAHAP: Pengerjaan plengsenga­n saluran Rungkut Mapan Utara di sisi timur yang belum selesai kemarin (30/9).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia