Jawa Pos

Usulkan 398, Baru 16 Kartu Yang Tercetak

Program Kusuka untuk Nelayan di Pesisir Utara

-

SURABAYA, Jawa Pos – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Surabaya siap membagikan kartu pelaku usaha (kusuka) di bidang kelautan dan perikanan. Namun, belum semua pencari atau pengolah ikan mendapatka­nnya tahun ini.

Sebab, kartu tersebut dibagikan secara bertahap sesuai arahan Kementeria­n Kelautan dan Perikanan (KKP).

Contohnya, di Kecamatan Kenjeran.Pemkotmeng­usulkan 398 orang mendapatka­n kartu kusuka. Dari angka tersebut, baru 16 orang yang mendapatka­nnya tahun ini.

”Sisanya menyusul. Yang jelas, semuanya sudah didaftarka­n,” kata petugas penyuluh lapangan (PPL) Kecamatan Kenjeran DKPP Kota Surabaya Muhammad Wachid kemarin (30/9). Dia menuturkan bahwa penerima kartu bukan hanya nelayan, melainkan juga pembudi daya dan pengolah ikan. ”Ke depan, warga yang memproduks­i ikan asap di pinggir jalan itu juga mendapatka­n kartu,” tambah Wachid.

Dia menjelaska­n, kartu tersebut sudah disalurkan ke DKPP Surabaya sehingga dalam waktu dekat bisa dibagikan kepada nelayan. ”Untuk pembagian, perlu sosialisas­i. Selain itu, kami mencari waktu longgar nelayan,” kata Wachid.

Selain Kenjeran, calon penerima kartu tersebar di Kecamatan Asemrowo. Ada 400 orang yang diusulkan untuk mendapatka­n kusuka. Sebagian besar hidup di pesisir Kelurahan Greges.

”Sementara, baru ada 40 orang yang mendapatka­n kartu tahun ini,” kata Jakfar, PPL Kecamatan Asemrowo DKPP Surabaya. Lelaki itu menyebutka­n, ada sekitar 40 pengusaha perikanan yang belum bisa diusulkan untuk menerima kartu. ’’Ada yang KTP-nya tidak terbaca sistem sehingga belum bisa mengajukan permohonan pembuatan kartu kusuka,” tambah Jakfar.

Kartu kusuka dikenal sebagai pengganti kartu nelayan. Kartu itu diluncurka­n KKP untuk nelayan, pembudi daya, dan pengolah ikan. Fungsinya, mempermuda­h pendataan dan menerima sumbangan dari pemerintah.

Berdasar informasi, kartu kusuka memiliki sejumlah kelebihan. Melalui kartu yang dilengkapi QR code itu, para nelayan bisa berkomunik­asi dengan perbankan untuk meminta bantuan. Istilahnya jadi syarat pengajuan kredit pinjaman.

Kartu tersebut tidak hanya berisi identitas pemilik, tapi juga memuat jenis usaha yang dijalankan. Melalui kartu itu, bisa diketahui seberapa besar skala usahanya.

 ?? RIANA SETIAWAN/JAWA POS ?? DORONG USAHA: Aktivitas nelayan di perairan Suramadu kemarin (30/9). Mereka bisa menggunaka­n kartu kusuka untuk mengajukan pinjaman modal ke bank.
RIANA SETIAWAN/JAWA POS DORONG USAHA: Aktivitas nelayan di perairan Suramadu kemarin (30/9). Mereka bisa menggunaka­n kartu kusuka untuk mengajukan pinjaman modal ke bank.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia