Jawa Pos

La Nyalla Akhirnya Pimpin DPD

Sempat Bersaing Ketat dengan Nono Sampono

-

JAKARTA, Jawa Pos – Proses pemilihan ketua DPD periode 2019– 2024 tadi malam (1/10) berjalan alot. Pemilihan yang dimulai pukul 20.00 itu berakhir pukul 23.25. Hasilnya, La Nyalla Mahmud Mattalitti memenangi voting. Mantan ketua umum PSSI itu pun berhak memimpin lembaga ”senator” tersebut selama lima tahun ke depan.

Dalam penghitung­an suara tadi malam, La Nyalla bersaing ketat dengan mantan Wakil Ketua DPD Nono Sampono. Nyala meraih 47 suara, sedangkan Nono meraup 40 suara. Posisi ketiga ditempati Mahyudin dengan 28 suara. Sementara posisi keempat ditempati Sultan Bachtiar dengan 18 suara.

Kemenangan La Nyalla disambut gema salawat di dalam ruang sidang DPD, Gedung Nusantara V, Senayan, Jakarta. Para senator lain yang menghadiri acara pemilihan ketua itu langsung memberikan ucapan selamat. ”Selamat ke Pak Nyalla. Siapa pun yang terpilih, dia ketua bagi semua anggota DPD,” kata Fadel Muhammad, senator dari Gorontalo.

Menurut Fadel, La Nyalla harus bisa membenahi DPD ke depan. Yang paling mendesak, tutur dia, adalah mekanisme dana transfer ke daerah harus dikawal. ”Ini harus menjadi tanggung jawab DPD. Agar dana tersebut tepat sasaran,” papar mantan gubernur Gorontalo itu.

Sebelumnya La Nyalla telah menyampaik­an sejumlah rencana kebijakan bila dirinya terpilih sebagai ketua DPD. Salah satunya ialah menyamakan aturan perjalanan dinas anggota DPD dengan anggota DPR.

Menurut La Nyalla, kunjungan kerja anggota DPD ke luar negeri harus dibiayai secara lumsum, bukan add cost. Anggota DPD yang bertugas ke luar negeri, tambah dia, harus mendapat fasilitas untuk bisa membawa staf seperti yang terjadi di DPR. ”Minimal membawa lima staf. Ini agar tugas anggota bisa efektif,” ujarnya.

La Nyalla juga mengingink­an adanya kesamaan fasilitas yang diterima anggota DPD dan anggota DPR, yaitu dari sisi penambahan jumlah staf. ”Dukungan tenaga ahli bagi anggota DPD selama ini hanya tiga staf. Menurut saya seharusnya tujuh atau minimal lima orang staf,” paparnya.

Sebelum pemilihan ketua, DPD telah memilih empat pimpinan periode 2019–2024. Empat orang tersebut dibagi untuk mewakili wilayah barat dan timur. Empat nama senator itu adalah Sultan Bachtiar Najamuddin yang mewakili wilayah barat I, La Nyalla Mattalitti (wilayah barat II), Mahyudin (wilayah timur I), dan Nono Sampono (wilayah timur II).

 ?? FEDRIK TARIGAN/JAWA POS ?? KETUA BARU: La Nyalla Mahmud Mattalitti (dua dari kiri) terpilih sebagai ketua Dewan Perwakilan Daerah periode 2019–2024 melalui voting tadi malam.
FEDRIK TARIGAN/JAWA POS KETUA BARU: La Nyalla Mahmud Mattalitti (dua dari kiri) terpilih sebagai ketua Dewan Perwakilan Daerah periode 2019–2024 melalui voting tadi malam.
 ?? FEDRIK TARIGAN/JAWA POS ?? TERTUA DAN TERMUDA: Sabam Sirait dan Jialyka Maharani diberi kehormatan untuk memimpin pelantikan anggota DPD periode 2019–2024 kemarin.
FEDRIK TARIGAN/JAWA POS TERTUA DAN TERMUDA: Sabam Sirait dan Jialyka Maharani diberi kehormatan untuk memimpin pelantikan anggota DPD periode 2019–2024 kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia