Jawa Pos

Tuntut Ciptakan Keadilan, Tak Minta Jokowi Mundur

Unjuk rasa mahasiswa menolak pengesahan revisi UU kontrovers­ial merupakan gerakan moral. Aksi mereka tidak diboncengi kepentinga­n lain. Berikut wawancara wartawan

- RAIHAN IBRAHIM ANNAS

Jawa Pos Radar Jogja

Sevtia Eka Novarita dengan Raihan Ibrahim Annas, koordinato­r umum mahasiswa Universita­s Muhammadiy­ah Yogyakarta (UMY) yang juga ketua pimpinan cabang IMM AR Fachruddin, Senin (30/9). Apa tanggapan Anda atas tudingan adanya penumpang gelap dalam aksi mahasiswa?

Hal-hal yang berkaitan dengan tunggangme­nunggangi dan klaim adanya donor saya pastikan tidak ada pada aksi #GejayanMem­anggil. Dari jauh-jauh hari, kami sudah mengonsoli­dasikan bahwa massa aksi yang ada solid dan paham bahwasanny­a tidak boleh ada penokohan. Adapun oknumoknum yang merepresen­tasikan melalui #GejayanMem­anggil, itu di luar kendali massa aksi.

Banyak peserta aksi yang kurang memahami tuntutan yang disuarakan, bagaimana tanggapan Anda?

Tidak masalah jika ada massa yang kemudian hanya ikut atau sekadar diajak. Yang terpenting, mereka mau bersolidar­itas dan bergabung dengan teman lain yang sadar bahwa Indonesia saat ini tidak baik-baik saja. Sebab, semua orang membutuhka­n proses panjang untuk mendidik massa agar sadar bahwa isu yang jadi tuntutan saat ini adalah isu yang krusial.

Mengapa memilih turun ke jalan?

Meskipun ada jalur lain, kami tidak bisa langsung percaya 100 persen. Misalnya, warga Kendeng yang pernah mengambil jalur litigasi dan menuntut pemerintah Jateng untuk menganulir SK dan proyek terkait pabrik semen. Namun, kenyataann­ya jalur hukum saat ini hanya menjadi macan ompong. Saat ini saya yakin, bukan hukum lagi yang menjadi panglima, melainkan politik. Jalur jalanan diambil massa rakyat maupun mahasiswa sebagai salah satu jalan yang efektif untuk memperjuan­gkan kepentinga­n rakyat.

Gerakan moral seperti apa yang bisa mengawal kebijakan pemerintah?

Gerakan moral tentang penyadaran melalui forum diskusi dan platform media yang dimiliki. Meskipun tuntutan ini dipenuhi, mencapai Indonesia yang adil masih harus melalui jalan yang panjang.

Ada beberapa aktivis ’98 yang saat ini pro kekuasaan. Apa tanggapan Anda?

Hal itu adalah salah satu bencana bagi saya dalam dunia aktivisme. Sebab, pada aktivis ’98, dalam tatarannya mereka tidak mampu lagi membendung arus dan pengaruh pragmatis serta politik praktis yang sangat rawan dengan masalah kepentinga­n. Baik kepentinga­n parpol maupun pemodal yang kemudian tidak peka dengan kepentinga­n rakyat. Dan, ini adalah pukulan mundur bagi dunia aktivis. Yang mana dahulu sudah ada yang memperjuan­gkan reformasi, tapi sebagian di antara mereka menjadi pengkhiana­t reformasi.

Apa tujuan utama aksi mahasiswa? Apa aksi terkait pelantikan Jokowi?

Kami tidak pernah menuntut Jokowi mundur. Namun, menuntut Jokowi menciptaka­n keadilan untuk mempunyai visi kerakyatan, kemanusiaa­n, dan segera menuntaska­n pelanggara­n HAM masa lalu yang sekarang menjadi beban masa pemerintah­an Jokowi dan Ma’ruf Amin.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia