Jawa Pos

Toyota Supra Siap Manjakan Para Penghobi

-

JAKARTA, Jawa Pos – PT Toyota-Astra Motor (TAM) membawa kabar gembira bagi peminat mobil sport GR Supra yang dikenalkan pada ajang Gaikindo Indonesia Internasio­nal Auto Show (GIIAS) 2019 lalu. Kemarin (1/10) TAM mengumumka­n bahwa mobil legendaris tersebut akan hadir di tanah air pada pertengaha­n bulan. Bersamaan dengan itu, TAM merilis harga resmi GR Supra.

Pada tahap awal, Indonesia akan kebagian 12 unit Toyota GR Supra. ”Dua bulan setelah diperkenal­kan pada GIIAS 2019, legenda sport car Toyota GR Supra generasi kelima itu segera meluncur di jalanan Indonesia,” ujar External General Manager PT Toyota-Astra Motor Franciscus Soerjopran­oto.

Menurut Soerjo, TAM akan menyerahka­n GR Supra kepada pelanggan pada pertengaha­n bulan.

Dibanderol pada segmen harga superpremi­um, TAM optimistis pada daya beli kalangan high-end. ”Harganya Rp 1,995 miliar per unit,” ujarnya. Sejauh ini, ada sekitar 16 orang yang menyatakan berminat pada GR Supra.

Target pasar kendaraan roda empat premium seperti itu memang sangat spesifik. TAM mengakui bahwa kategori penghobi menjadi ceruk niche market

yang menjanjika­n. ”Untuk market,

memang kami sangat mengerti bahwa market ini sangat kecil. Namun, Supra yang melegenda ini punya daya tarik tersendiri bagi penghobi,” tegas Soerjo.

Secara global, Toyota GR Supra ditawarkan dalam pilihan mesin 2.000 cc turbo empat silinder bertenaga 197 PS dengan torsi maksimal 320 Nm. Ada juga versi mesin serupa, tetapi dibekali tenaga 258 PS dengan torsi maksimal 400 Nm. Namun, versi yang ditawarkan di Indonesia adalah mesin 3.000 cc turbo enam silinder segaris. Tenaga mesin mencapai 340 PS dengan torsi maksimal 500 Nm. Toyota GR Supra didatangka­n dengan skema CBU dari Jepang.

Menyinggun­g kondisi penjualan otomotif terkini, data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sampai Agustus mencatat bahwa ada 660.286 unit yang terdistrib­usi ke konsumen. Jika dibandingk­an dengan periode yang sama tahun lalu yang mencapai 763.444 unit, terjadi penurunan 13,4 persen. Toyota masih menempati urutan pertama sebagai merek terlaris yang disusul Daihatsu, Honda, kemudian Mitsubishi dan Suzuki.

 ?? AGFI SAGITTIAN/JAWA POS ?? COMING SOON: Direktur Marketing PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy (kanan) dan Kazunori Minamide saat memperkena­lkan Toyota GR Supra dalam pergelaran GIIAS 2019.
AGFI SAGITTIAN/JAWA POS COMING SOON: Direktur Marketing PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy (kanan) dan Kazunori Minamide saat memperkena­lkan Toyota GR Supra dalam pergelaran GIIAS 2019.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia