Jawa Pos

Nama Depan Makin Populer

-

MESKI diragukan berpartisi­pasi dalam laga melawan Inter Milan dini hari nanti (3/10) karena cedera paha kiri, Lionel Messi tetap menjadi sorotan. Bukan hanya masih membahas penghargaa­n pemain terbaik dunia kali keenam yang diraih Messi sepekan lalu. Tapi juga semakin populernya nama depan Messi, Leo, di Catalan.

Menurut The Institut d’Estadístic­a de Catalunya (Idescat) atau Institut Statistik Catalan, dari 63.178 kelahiran tahun lalu, Leo menjadi nama depan paling populer keenam dengan jumlah 459. Ada di belakang Marc (640), Pol (548), Alex (499), Jan (489), dan Nil (461) sebagai lima nama depan favorit di Catalan.

Posisi keenam boleh dibilang sudah luar biasa bagi Messi. Sebab, dibandingk­an ketika La Pulga datang ke Catalan pada 2000, kepopulera­nnya meningkat ratusan kali lipat. ’’Hanya empat bayi dengan nama Leo ketika Messi datang kali pertama di Catalan (2000). Kemudian, bertambah jadi sebelas nama ketika Messi menjalani debut di tim utama Barca (2004),’’ tulis Idescat di laman resmi mereka sebagaiman­a dikutip Mundo Deportivo.

Pada 2004, Leo praktis hanya menjadi pilihan nama depan urutan ke-262 seantero Catalan. Sekarang, untuk tiga wilayah Catalan, yakni Valles Occidental, Anoia, dan Tarragones, nama Leo tercatat sebagai nama yang paling banyak diberikan orang tua untuk kelahiran anaknya. Lemah menghadapi direct counteratt­ack tinggi, gaya bermain Inter. Granada dengan gaya seperti itu saat mengalahka­n Barca (22/9) juga membuat Firpo melakukan blunder. Apalagi, dini hari nanti menjadi debutnya di Liga Champions. Di antara middle three Barca, Arthur termasuk yang minim kreasi. Dengan rata-rata 54 passing per laga, dia terlihat sangat timpang dengan Sergio Busquets dan Frenkie de Jong. Ada atau tidaknya Lionel Messi dini hari nanti, El Pistolero masih bisa diharapkan menjadi pemain pembeda. Dari tiga golnya musim ini, semua assist berasal dari tiga pemain berbeda dan tak ada nama La Pulga. Ada Godin, ada clean sheet. Itulah fakta selama Godin membela Inter. Apalagi, dia sudah tak asing dengan Camp Nou. Bahkan, musim lalu, saat Atletico Madrid kalah, dia termasuk paling sibuk dengan sapuan terbanyak (5 kali). Melakukan 10 di antara 16 tembakan musim ini dari jarak jauh. Satu di antaranya berbuah gol. Itu bisa menjadi senjata rahasia Inter ketika lini depan mengalami kebuntuan. Barca juga dikenal lemah bertahan dari tembakan jarak jauh.

DEPAN

Masih dipertanya­kan apakah bakal turun starter atau hanya pengganti. Yang pasti, pengalaman 141 laga dan menyumbang 47 gol selama di Barca (2011–2014) bisa menjadi referensi Antonio Conte.

 ?? MICHAEL REGAN/FIFA ?? MENGINSPIR­ASI: Lionel Messi bersama istrinya, Antonella Roccuzzo, serta dua putranya, Mateo (kanan) dan Ciro, di photo booth The Best FIFA Football Awards 2019 (24/9).
MICHAEL REGAN/FIFA MENGINSPIR­ASI: Lionel Messi bersama istrinya, Antonella Roccuzzo, serta dua putranya, Mateo (kanan) dan Ciro, di photo booth The Best FIFA Football Awards 2019 (24/9).
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia