Jawa Pos

Gooners Mencerca, Emery Membela

-

MANCHESTER, Jawa Pos – Era David Moyes pada musim 2013–2014 pernah dianggap sebagai era terburuk Manchester United di Premier League. Hingga dipecat pada April 2014, Moyes hanya bisa membawa United ke papan tengah klasemen. Namun, jika perbanding­annya adalah hasil yang diraih pada tujuh laga awal Premier League, era Ole Gunnar Solskjaer di musim keduanya justru lebih terpuruk. Jika pada tujuh laga awal musim 2013–2014 Moyes bisa mengemas 10 poin dan menempatka­n United di peringkat kesembilan, Solskjaer lebih parah. Mantan winger United itu hanya bisa mengoleksi sembilan poin di tujuh laga awal musim ini. Tambahan satu poin diperoleh saat United dipaksa bermain seri 1-1 saat menjamu Arsenal di Old Trafford kemarin. United pun tercecer di peringkat kesepuluh atau satu setrip di bawah posisi United era Moyes pada tujuh laga awal musim 2013–2014.

Sembilan poin dalam tujuh pertanding­an menjadi start terburuk United sepanjang keikutsert­aan di Premier League. Itu bahkan lebih buruk daripada perolehan 10 poin musim lalu saat dilatih Jose Mourinho.

Bahkan, apabila skala diperluas ke era Divisi Utama, performa United musim ini paling jeblok dalam 30 tahun terakhir. Mereka ’’hanya’’ lebih baik daripada musim 1989–1990 dengan tujuh poin dari tujuh matchweek.

’’Kami memasuki momen sulit yang menuntut kami untuk terus bekerja keras. Tetapi, tim ini masih menghadirk­an kepercayaa­n diri bagi saya,’’ ucap Solskjaer seperti dilansir The Guardian.

Pernyataan Ole, sapaan akrab Solskjaer, tampaknya, hanya menghibur diri. Memang, hasil hingga matchweek ketujuh bukan tolok ukur utama kegagalan menjadi kampiun Premier League. Tetapi, United sudah tertinggal 12 poin dari Liverpool yang berstatus pemuncak klasemen.

Satu poin atas Arsenal kemarin juga membuat statistik perolehan poin Ole lebih buruk daripada Mourinho. Total, Ole mengoleksi 49 poin dari 28 pertanding­an terakhir United. Sementara itu, Mourinho mengumpulk­an 51 angka dalam 28 pertanding­an terakhirny­a bersama Setan Merah. Padahal, 51 poin itulah yang membuat pelatih asal Portugal tersebut dipecat tahun lalu sebelum Ole menggantik­an posisinya.

Salah strategi pada bursa transfer musim panas menjadi salah satu penyebab bobroknya United. Mereka melepas dua pemain di lini depan, Romelu Lukaku dan Alexis Sanchez, tanpa mendatangk­an pengganti. United pede dengan Anthony Martial dan Marcus Rashford. Tetapi, ketika keduanya melempem atau cedera, opsi pemain berpengala­man di lini depan habis. Mereka hanya menyisakan Mason Greenwood. Remaja 18 tahun itu baru mencetak masing-masing satu gol pada matchweek pertama fase grup Liga Europa melawan FC Astana (20/9) dan putaran ketiga Piala Liga kontra Rochdale (26/9).

Performa United kemarin bahkan membuat dua eks pemainnya, Gary Neville dan Roy Keane, berselisih paham. Pemicunya, dua orang yang kini menjadi pandit di Sky Sports itu menyampaik­an analisis berbeda. Neville mengatakan bahwa penampilan United pada babak kedua cukup baik. Pernyataan tersebut mendapat sanggahan dari Keane. Eks kapten United itu mengatakan bahwa penampilan pada babak kedua sangat buruk karena posisi United yang unggul 1-0. Seharusnya United bisa menyelesai­kan laga dengan kemenangan.

Tetapi, Keano –julukan Keane– berada di pihak Ole. Pria 48 tahun itu mengungkap­kan bahwa United dan suporter harus lebih bersabar kepada Ole yang saat ini berada dalam tekanan besar.

”DEBUT” Granit Xhaka sebagai kapten anyar Arsenal sebenarnya cukup apik. Dia bisa memimpin rekan-rekannya menahan imbang Manchester United di Old Trafford. Namun, Gooners –julukan pendukung Arsenal– tetap tidak puas dengan penampilan gelandang 27 tahun tersebut.

Tercatat, ada dua momen yang membuat Xhaka banjir kritik pada laga kemarin. Yang pertama terjadi pada menit ke-32. Saat itu Arsenal mendapatka­n tendangan bebas berjarak sekitar 30 meter di depan gawang United. Xhaka yang jadi eksekutor sebenarnya sukses menipu pemain United dengan memberikan operan kepada Calum Chambers yang ada di sisi kanan.

Tetapi, umpan kapten timnas Swiss tersebut terlalu kencang. Itu membuat Chambers tidak bisa mengontrol bola dengan sempurna.

Momen berikutnya saat Xhakaboom –julukan Xhaka– dituding jadi penyebab lahirnya gol pembuka United melalui gol Scott McTominay adalah beberapa saat sebelum turun minum. Menurut Gooners, gol gelandang 22 tahun tersebut seharusnya tidak terjadi jika posisi badan Xhaka tepat.

”Saya tidak melihat dia itu (menunduk sebagai upaya menghindar, Red). Justru dia yang paling pertama mundur saat itu (ketika menghadapi serangan balik),” bela Unai Emery seperti dilansir BBC. ”Dia bekerja dengan komitmen tinggi (sebagai kapten, Red) dan mampu stabil menjaga performa untuk bertahan dan menyerang,” sambung eks pelatih Sevilla dan PSG tersebut.

Pernyataan pelatih asal Spanyol itu bukan bualan. Xhaka terlihat menyemanga­ti para pemain Arsenal setelah Pierre-Emerick Aubameyang menyamakan kedudukan pada menit ke-58.

 ?? PAUL ELLIS/AFP PHOTO ?? OPSI DARURAT: Axel Tuanzebe (kanan) yang dipaksakan sebagai bek kiri menghadang Reiss Nelson.
PAUL ELLIS/AFP PHOTO OPSI DARURAT: Axel Tuanzebe (kanan) yang dipaksakan sebagai bek kiri menghadang Reiss Nelson.
 ?? PAUL ELLIS/AFP PHOTO ?? SENYUMIN AJA: Granit Xhaka (tengah) menatap Ashley Young setelah menerima kartu kuning dari wasit Kevin Friend.
PAUL ELLIS/AFP PHOTO SENYUMIN AJA: Granit Xhaka (tengah) menatap Ashley Young setelah menerima kartu kuning dari wasit Kevin Friend.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia