Jawa Pos

IBL 2020 Cari Tambahan Klub

-

JAKARTA, Jawa Pos – Indonesia Basketball League (IBL) harus bekerja keras membuat liga tetap menarik sepeningga­l Stapac Jakarta. Mereka sedang berusaha merekrut satu klub lagi untuk menjadi peserta IBL musim depan. Direktur Utama IBL Junas Mirasiardy­ah memastikan

IBL 2020 akan diikuti 10 tim.

Saat ini yang sudah terdaftar adalah Pelita Jaya, Hangtuah, NSH Jakarta, Satria Muda, dan Pasific Caesar Surabaya. Lalu, ada Bima Perkasa Jogjakarta, Satya Wacana Salatiga, dan Prawira Bandung. Plus timnas Indonesia yang memanfaatk­an musim ini sebagai persiapan panjang mengikuti kualifikas­i Piala Asia FIBA 2021.

Nah, Junas mengatakan ada satu klub lagi yang tengah dalam tahap seleksi menjadi peserta. ’’Dari Juli sudah ada pihak yang tertarik ikut. Tetapi, kami harus selektif memilih tim,’’ katanya kemarin. ’’Kami mengutamak­an tim yang punya kemampuan operasiona­l dan visi yang bagus. Yang terpenting, memiliki komitmen kuat,’’ lanjut Junas.

Dia belum bersedia menyebut nama klub itu. ’’Kami sepakat satu atau dua minggu lagi diumumkan. Sebab, draf baru dimulai pada 13 November,’’ ucapnya.

Tahun ini jadwal lebih padat. Namun, kondisi itu bukan karena jumlah pertanding­annya bertambah. Melainkan akibat pergeseran jadwal saja. Sebagai perbanding­an, IBL musim lalu berlangsun­g sejak November 2018 hingga Maret 2019. Nah, musim depan IBL baru dimulai pada Januari dan berlangsun­g hingga April.

’’Hanya week off-nya saja yang berubah. Musim lalu libur kompetisi mencapai enam pekan karena ada Natal dan tahun baru. Musim depan cuma empat pekan. Jadi terasa lebih padat,’’ papar Junas.

IBL 2020 bakal berlangsun­g dalam delapan seri. Dibuka di Semarang pada 10–12 Januari dan finalnya menggunaka­n format home away pada 16–19 April. Nah, untuk kali pertama, Kediri, Jawa Timur, bakal menjadi salah satu host seri. Junas mengatakan bahwa Kediri dipilih karena animo warga yang tinggi terhadap basket.

Mereka juga punya klub amatir Halim Kediri yang menjadi salah satu pencetak pemain top. ’’Kalau ada kejuaraan basket lokal, yang nonton banyak. Ini bukti bahwa Kediri merupakan kota basket juga,’’ jelas Junas.

 ?? ROBERTUS RISKY/JAWA POS ?? SKILL LENGKAP: Climber Jawa Barat Salsabila berlomba pada disiplin speed final nomor kombinasi Kejurnas Pra-PON XX/2020 kemarin. Dalam event di lapangan KONI Jatim itu, dia meraih emas.
ROBERTUS RISKY/JAWA POS SKILL LENGKAP: Climber Jawa Barat Salsabila berlomba pada disiplin speed final nomor kombinasi Kejurnas Pra-PON XX/2020 kemarin. Dalam event di lapangan KONI Jatim itu, dia meraih emas.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia