Jawa Pos

Siap Sambut Peserta Wonderful Sail to Indonesia

-

GRESIK, Jawa Pos – Wonderful Sail to Indonesia (WSTI) di Bawean diadakan mulai besok (3/10). Event berskala internasio­nal itu dijadwalka­n berlangsun­g hingga Minggu (6/10). Beragam acara digelar untuk menyambut para turis dari mancanegar­a.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Pemkab Gresik A.H. Sinaga, pihaknya mendapatka­n laporan dari panitia setempat bahwa persiapan sudah 99 persen. Namun, tim dari Pemkab Gresik baru berangkat hari ini (2/10).

’’Pemkab dan panitia di Bawean sudah siap menyambut WSTI tahun kedua ini. Siswa-siswa yang akan turut menyemarak­kan kegiatan juga sudah siap. Tinggal petugas kebersihan yang belum berangkat,’’ katanya kemarin (1/10).

Seperti diberitaka­n, WSTI merupakan agenda promosi wisata bahari tahunan yang diselengga­rakan Kementeria­n Pariwisata (Kemenpar). Nah, salah satu wilayah yang menjadi jujukan adalah Bawean. Ada ratusan perahu jhukong dari berbagai negara yang turut menjadi peserta.

Berdasar daftar rundown, turis-turis itu tiba pada Jumat (4/10) di Pantai Labuhan. Di tempat tersebut, peserta akan dijamu dengan makanan khas Bawean. Selanjutny­a, mereka menuju lokasi welcome ceremony. ’’Puncak WSTI akan dipusatkan di Pantai Mombhul pada Jumat. Ada hiburan-hiburan khas Bawean seperti pencak silat dan lainnya,’’ kata Naga.

Pada hari berikutnya (5/10), ada kegiatan yang tidak kalah seru. Di antaranya, Festival Pulau Cena. Mulai jhukong race, parade perahu hias, hingga penanaman pohon bakau (mangrove). ’’Kami juga mengajak peserta ke rusa bawean yang menjadi maskot Asian Game 2018,’’ tuturnya.

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? MASIH ALAMI: Keindahan Pulau Bawean menjadi salah satu daya tarik peserta Wonderful Sail to Indonesia.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS MASIH ALAMI: Keindahan Pulau Bawean menjadi salah satu daya tarik peserta Wonderful Sail to Indonesia.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia