Jawa Pos

Spektronic­s ITS Juara Umum di Chemeca

-

SURABAYA, Jawa Pos – Tim Spektronic­s Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) baru saja memecahkan rekor. Mereka dinobatkan sebagai juara umum di ajang kompetisi internasio­nal Chemeca 2019 di Sydney, Australia, kemarin (1/10). Juga, juara I kategori race dan juara II kategori poster.

Ajang konferensi para insinyur teknik kimia (chemical engineers) itu menampilka­n kompetisi Chem-E-Car. Yakni, purwarupa mobil dengan energi reaksi kimia. ITS mengirimka­n lima anggota Tim Spektronic­s untuk bertanding. Mereka adalah Satrya Fuad Afif Sulistiyo, Widi Citra Lestari, Evan Mika Subnafeu, Kharisma Perdana Setiawan, dan Tiara Mahendra Kurniawati.

Kali ini Tim Spektronic­s membawa terobosan mobil bernama Spektronic­s Aerio Superior (AS). Mobil tersebut sempat vakum tiga tahun hingga dibawa kembali di ajang yang sama. ’’Mobil kami berhasil unggul hampir di seluruh aspek,’’ kata Manajer Tim Spektronic­s ITS Satrya Fuad Afif Sulistiyo.

Fuad mengatakan, kemenangan kali ini seolah seperti membangkit­kan semangat atas kemenangan yang diraih Tim Spektronic­s pada 2016 di Adelaide, Australia. ’’Kami bangga karena bisa membuktika­n bahwa ITS berhasil bersaing di ajang kompetisi internasio­nal,’’ tegas mahasiswa teknik kimia itu.

Spektronic­s AS merupakan pengembang­an mobil versi sebelumnya. Yang berbeda dengan versi sebelumnya, terdapat perbaikan pada sistem mekanisme mobil. Dengan begitu, efisiensi penggunaan bahan kimia bisa meningkat. ’’Jadi, penggunaan bahan bakar lebih hemat dan limbah yang dihasilkan semakin sedikit,’’ tuturnya.

 ?? ITS FOR JAWA POS ?? BANGGA: Tim Spektronic­s ITS setelah memenangka­n kompetisi Chemeca di Sydney kemarin.
ITS FOR JAWA POS BANGGA: Tim Spektronic­s ITS setelah memenangka­n kompetisi Chemeca di Sydney kemarin.
 ?? ROBERTUS RISKY/JAWA POS ?? PERSIAPAN SEBELUM BERANGKAT: Tiara Mahendara (kiri) dan Kharisma Perdana mengecek mobil Spektronic­s Senin (23/9).
ROBERTUS RISKY/JAWA POS PERSIAPAN SEBELUM BERANGKAT: Tiara Mahendara (kiri) dan Kharisma Perdana mengecek mobil Spektronic­s Senin (23/9).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia