Jawa Pos

Sopir Ngantuk, Truk Terbalik

-

SURABAYA, Jawa Pos – M. Yusuf tersentak dari tidurnya. Pria 21 tahun itu langsung menjerit saat mobil yang dikemudika­n temannya, Joni Pranata, oleng lalu terbalik di Jalan Perak Barat kemarin (1/10). Truk nopol S 9122 UJ itu memuntahka­n muatan berupa bata ringan dan semen.

Kecelakaan tersebut mengakibat­kan kaca truk bagian depan pecah karena terkena kayu pembatas taman. Yusuf yang kebetulan berada di sisi kiri nyaris terkena kayu itu. ”Langsung saya elakkan. Kalau tidak, bisa sampai ke kepala,” ungkap pria asal Lakarsantr­i tersebut saat ditemui di Taman Barunawati.

Yusuf mengalami luka di bagian kiri. ”Lengan saya luka karena berusaha menghalau kayu yang masuk,” ujarnya. Sementara itu, sopir tidak mengalami luka serius. ”Hanya, harus berurusan dengan Pelindo III untuk perbaikan taman. Sebab, (taman, Red) ini rencana mau diresmikan. Tapi rusak,” katanya.

Truk tersebut berangkat pukul 23.00 dari Lamongan menuju Pelabuhan Tanjung Perak. Namun, karena sopir mengantuk, truk itu oleng hingga terbalik. Dia menyebutka­n, sopir sebelumnya sudah berkendara lama. ”Seperti dipaksakan,” ungkapnya.

Sampai kemarin sore, truk itu masih teronggok di lokasi kejadian. ”Ini sudah dievakuasi. Sebelumnya, posisi truk terbalik,” jelasnya. Material yang diangkut batal dikirim ke Sampang. ”Sementara di sini dulu. Sampai pimpinan mengirim bantuan,” ucapnya. Kerugian ditaksir sampai Rp 20 juta.

Sementara itu, Kanitlaka Lantas Polres Pelabuhan Tanjung Perak Ipda Dodik Eko Susanto menjelaska­n bahwa pihaknya menerjunka­n lima anggota laka lantas ke lokasi. ”Kami mengecek pengendara dan truk yang dikendarai­nya,” ujar perwira dengan satu balok emas di pundak itu.

Menurut dia, kecelakaan tersebut disebabkan patahnya penyambung roda depan sehingga membuat truk tidak seimbang. ”Mendekati saluran, ban langsung pecah dan material terjatuh,” katanya.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? BIKIN MACET: Banyaknya pengendara yang melambatka­n laju kendaraan untuk melihat truk terguling di Jalan Perak Barat membuat arus lalu lintas tersendat.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS BIKIN MACET: Banyaknya pengendara yang melambatka­n laju kendaraan untuk melihat truk terguling di Jalan Perak Barat membuat arus lalu lintas tersendat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia