Jawa Pos

Dokumen Pegawai Hangus

-

SURABAYA, Jawa Pos – Ruang Kasubdit Mutasi Kepegawaia­n Badan Kepegawaia­n Daerah (BKD) Jatim di Jalan Jemur Andayani 1 Surabaya terbakar Senin malam (30/9). Kebakaran itu menghangus­kan dokumen dan lima AC di ruangan.

Kebakaran tersebut terjadi pukul 23.00. Saat itu di ruangan sedang ada perbaikan. Termasuk, pembenahan AC. ”Diperkirak­an karena korsleting listrik,” ucap Kepala BKD Jatim Anom Suharno kemarin (1/10). Kepulan asap muncul saat para pekerja berhenti beristirah­at untuk makan.

Akibat kejadian itu, ratusan arsip yang berisi dokumen kenaikan pangkat dan jatah pensiun hangus dilalap api. Meski begitu, Anom mengatakan, isi dokumen tetaplah aman. ”Seluruh berkas sudah di-entry ke komputer,” paparnya.

Disinggung soal pengerjaan perbaikan di malam hari, Anom mengatakan bahwa itu hanya masalah teknis dan efektivita­s. Sebab, di pagi hari ruangan tersebut digunakan oleh pegawai untuk bekerja. ”Jadi, pengerjaan memang dilakukan malam,” jelasnya.

Kabid Pembinaan Operasiona­l Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya Bambang Vistadi membenarka­n, kebakaran dipicu korsleting listrik. Pemadaman api di bangunan milik pemprov tersebut selesai satu jam setelah petugas datang. ”Sebanyak sembilan unit mobil PMK dikerahkan untuk menjinakka­n api,” paparnya. Ukuran area yang terdampak kebakaran 2 x 3 meter.

Terkait dengan insiden itu, Bambang mengingatk­an seluruh instansi agar memperhati­kan betul pengecekan barang elektronik. Khususnya yang masih menancap dan belum dicabut atau dimatikan. ”Langkah antisipasi sangat penting untuk mencegah terjadinya kebakaran,” tuturnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia