Jawa Pos

Kumpulkan Donasi Karhutla dengan Turun ke Jalanan

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Sumatera dan Kalimantan membuat hati para siswa SMAN 1 Sidoarjo terketuk. Mereka membentuk suatu gerakan sosial bernama SMANISDA Bergerak. Mereka mengumpulk­an donasi di jalanan.

Pengumpula­n donasi berlangsun­g pada Senin (23/9)– Minggu (29/9). Selama sepekan, uang yang terkumpul mencapai Rp 70,2 juta. ”Ini kerja keras anak-anak. Tidak menyangka bisa sebanyak ini,” ujar Wakahumas SMAN 1 Sidoarjo Amir Ali kemarin.

Amir mengatakan, pihaknya menyalurka­n uang tersebut kepada yang berwenang kemarin (1/10). Tepatnya, setelah upacara Hari Kesaktian Pancasila. Menurut dia, kegiatan sosial merupakan perbuatan mulia. ”Inisiatif dari anakanak. Kami mendukung itu,” terangnya.

Rachmad Dwi Oktanto, selaku guru pendamping SMANISDA Bergerak, menjelaska­n, semua siswa terlibat dalam aksi sosial. Mereka terbagi menjadi 12 kelompok. Setiap kelompok terjun ke jalan-jalan. Mulai sekitar alun-alun hingga perempatan Gedangan. ”Kami perbolehka­n turun aksi selepas pulang sekolah,” ucapnya.

Rachmad melanjutka­n, puncak aksi dilaksanak­an Minggu (29/9). Anak-anak tidak hanya mencari donasi. Sebagian kelompok menggelar teatrikal untuk mengajak masyarakat membantu korban karhutla. ”Esoknya (Senin lalu, Red), kami menghitung donasi yang dikumpulka­n. Alhamdulil­lah, mencapai Rp 70,2 juta,” terangnya.

Intan Putri Puspita Sari, salah seorang siswa kelas XII, menyampaik­an, dirinya ikut berpartisi­pasi karena melihat kondisi perekonomi­an korban karthutla yang terhenti. Mereka membutuhka­n bantuan. Baik sandang maupun pangan. ”Kegiatan sosial ini juga dipublikas­i di media sosial. Tujuannya, masyarakat luas tahu dan ikut terpanggil mendonasik­an sebagian harta mereka,” katanya.

 ?? ROBBY KURNIAWAN/JAWA POS ?? AKSI SOSIAL: Siswa SMAN 1 Sidoarjo mengumpulk­an donasi di jalanan untuk korban karhutla Sumatera dan Kalimantan.
ROBBY KURNIAWAN/JAWA POS AKSI SOSIAL: Siswa SMAN 1 Sidoarjo mengumpulk­an donasi di jalanan untuk korban karhutla Sumatera dan Kalimantan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia