Jawa Pos

Pilih Sepatu Sesuai Usia dan Kebutuhan

Bisa Pengaruhi Perkembang­an Kaki Anak

-

SURABAYA, Jawa Pos – Memilih sepatu untuk si kecil memang perlu trik khusus. Tidak bisa pilih asal lucu saja. Tetapi juga harus mempertimb­angkan kebutuhan dan ukurannya. Misalnya, soft soles atau sol yang lentur untuk usia 0–1 tahun.

Dr Arie Sebastian menyatakan, anak memang disarankan mengenal banyak tekstur di usia tersebut. ’’Memang, menurut riset, lebih baik barefoot,’’ tutur alumnus Fakultas Kedokteran Universita­s Indonesia itu.

Namun, orang tua kerap khawatir dengan keamanan kaki bayi. Terlebih, kulit bayi sensitif dan halus. Jadi, penggunaan sepatu soft soles bisa jadi solusi. Bahan tipis dan lentur tetap membiarkan kaki anak merasakan beragam tekstur serta tetap melindungi dari benda berbahaya.

Jika sang anak mulai berjalan, jenis sepatu yang dibutuhkan berbeda lagi. Menurut Arie, sepatu dengan sol yang lebih keras membuat anak bisa bertumpu dengan lebih baik. ’’Tapi, bukan yang sangat keras, ya, semi-firm saja,’’ tutur pria yang mengambil pendidikan lanjutan spesialis tulang di Deakin University Hospital tersebut. Selain itu, sol semacam itu bisa menghindar­kan anak dari cedera menginjak benda-benda seperti batu atau potongan kecil mainan.

Selain solnya, orang tua harus mencari sepatu dengan support di bagian pergelanga­n kaki. Sebab, ligamen otot anak di daerah tersebut masih lunak. Tanpa support, telapak dan tungkai kaki bisa jadi tidak tegak lurus seperti seharusnya. ’’Lalu mudah terkilir juga kalau menginjak sesuatu,’’ ujarnya dalam

talk show preview Stardust Collection dari Tinysoles kemarin (1/10).

Patricia Sally Dermawan, desainer sepatu anak, menyebut bentuk support itu bisa berupa karet di bagian pergelanga­n kaki. ’’Jadi didesain seperti sepatu bot. Selain fungsinya, jadi tidak mudah lepas juga,’’ ucap pendiri Tinysoles itu.

Silvia Siantar, salah satu orang tua, turut berbagi pengalaman. Selain ukuran dan fungsi, Silvia memperhati­kan desain sepatu itu sendiri. Candice Alaia Prakoso, anak Silvia, biasanya dipancing dengan desain sepatu yang lucu agar bersemanga­t menggunaka­n sepatu.

 ?? RIANA SETIAWAN/JAWA POS ?? MAU YANG MANA, YA: Silvia Siantar dan putrinya, Candice Alaia Prakoso, memilih beberapa jenis sepatu untuk anak.
RIANA SETIAWAN/JAWA POS MAU YANG MANA, YA: Silvia Siantar dan putrinya, Candice Alaia Prakoso, memilih beberapa jenis sepatu untuk anak.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia