Jawa Pos

Incar Proyek Kereta Semicepat

-

JAKARTA, Jawa Pos – Proyek kereta semicepat Jakarta–Surabaya menarik minat PT Waskita Karya (Persero) Tbk. Badan usaha milik negara (BUMN) yang bergerak di bidang konstruksi itu mengincar pembanguna­n jalur lintas kereta api sepanjang 715 kilometer dan subgrade-nya. Pemerintah pusat menargetka­n pembanguna­n mulai 2022 mendatang.

Direktur Operasi II PT Waskita Karya (Persero) Tbk Bambang Rianto menyatakan bahwa proyek incaran tersebut bakal digarap PT Waskita Beton Precast Tbk alias WSBP, anak usaha perseroan. ’’Bahkan, udah ada pabrik yang kami siapkan untuk perkeretaa­pian,’’ ujarnya kemarin (2/10).

Saat ini, menurut Bambang, WSBP sedang mendiversi­fikasi bisnisnya pada sektor infrastruk­tur kereta api. Sebelumnya, WSBP menghasilk­an produk bantalan rel kereta api tipe 1067 yang sudah teruji oleh laboratori­um independen. Produk itu berfungsi sebagai landasan rel bertumpu yang mampu menahan laju kereta api dan menahan beban kecepatan kereta maksimal hingga 120 kilometer per jam.

Pemerintah melalui PT Kereta Api Indonesia (KAI) memiliki sejumlah proyek yang menggunaka­n bantalan rel tersebut. Di antaranya, proyek revitalisa­si atau penghidupa­n kembali jalur kereta api yang mati dan double track jalur kereta api Pulau Jawa, Kalimantan, Sulawesi,sertaSumat­era.’Sertifikas­i sudah punya juga. Kami sedang memasarkan produk di Makassar.’’

Untuk merealisas­ikan proyek, pemerintah akhirnya mengganden­g Jepang. Kereta semicepat itu ditargetka­n beroperasi pada 2024. Namun, pada tahun tersebut, kereta itu baru akan beroperasi sampai Cirebon saja. Saat ini pemerintah sedang membangun lintasan rel baru Jakarta– Semarang.

 ?? RIANA SETIAWAN/JAWA POS ??
RIANA SETIAWAN/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia