Jawa Pos

Timnas Datang Lebih Awal

Agar Tak Dibantai seperti Lawan Jordania

-

JAKARTA, Jawa Pos – Timnas Indonesia memang baru bertanding dengan Uni Emirat Arab (UEA) pada 10 Oktober mendatang dalam laga lanjutan Kualifikas­i Piala Dunia 2022. Namun, skuad Garuda memutuskan berangkat lebih awal. Tadi malam Stefano Lilipaly dkk sudah berangkat ke Dubai, UEA. Mereka dijadwalka­n tiba pagi hari ini.

Pelatih timnas Indonesia Simon McMenemy menjelaska­n alasan timnya memilih berangkat delapan hari sebelum pertanding­an digelar. Dia belajar dari pengalaman saat away pada laga uji coba melawan Jordania 11 Juni lalu. Karena jadwal keberangka­tan yang mepet atau tiga hari sebelum bertanding, timnas saat itu akhirnya menelan kekalahan telak 1-4.

”Padahal, saat itu kami siapkan training camp yang panjang. Tapi, karena suatu hal, itu (hasil training camp, Red) tidak bisa terjadi. Ya, tahu sendiri bagaimana hasilnya saat itu. Kami tidak mau mengulangi hasil buruk itu saat melawan UEA,” papar Simon.

Jika datang lebih awal, pemain diharapkan bisa beradaptas­i lebih lama. ”Kami juga punya rencana beruji coba dengan klub lokal sebelum pertanding­an. Tidak banyak, mungkin hanya sekali,” ungkapnya.

Pelatih yang membawa Bhayangkar­a FC menjuarai Liga 1 2017 tersebut menyadari keunggulan UEA. Karena itu, Simon tak berani memberikan jaminan kemenangan. ”Yang jelas, kami ingin bermain lebih kompetitif melawan UEA. Itu target kami. Mungkin banyak yang berkata tidak realistis (menang, Red). Tapi, dari dalam hati, kami juga masih percaya bisa menang,” katanya.

Sementara itu, Yanto Basna dan Manahati Lestusen dijadwalka­n menyusul ke Dubai. Yanto masih berada di Thailand. Sedangkan Manahati masih bersama keluargany­a di Ambon yang baru terkena bencana gempa.

Sebelum bertolak ke Dubai, timnas sempat menggelar latihan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, kemarin. Beberapa nama baru sudah bergabung. Antara lain Wawan Febriyanto, Wawan Hendrawan, Dendi Santoso, Lerby Eliandry, Abduh Lestaluhu, Bayu Pradana, dan Rezaldi Hehanusa.

Rezaldi yang sudah tujuh bulan absen dari timnas mengaku siap jika diturunkan melawan UEA. ”Mental sudah bagus. Semoga lawan UEA bisa bantu tim meraih kemenangan,” harap bek Persija Jakarta itu.

 ?? CHANDRA SATWIKA/JAWA POS ?? ADAPTASI DINI: Riko Simanjunta­k (dua dari kiri) melakukan heading saat berlatih di SUGBK, Jakarta, kemarin.
CHANDRA SATWIKA/JAWA POS ADAPTASI DINI: Riko Simanjunta­k (dua dari kiri) melakukan heading saat berlatih di SUGBK, Jakarta, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia