Jawa Pos

Jarang Ngobrol soal Balapan

-

MESKI memiliki hubungan kakak-adik, sinar karir Michael dan Ralf Schumacher di lintasan Formula 1 jauh berbeda. Dalam 19 musim berkarir di balapan jet darat, Michael menjelma menjadi legenda dan bergeliman­g prestasi, sedangkan Ralf jauh di bawahnya. Selalu di belakang bayang-bayang sang kakak.

Total, Michael mengumpulk­an 91 kemenangan dan 7 gelar juara dunia. Sampai sekarang, rekor tersebut belum terpecahka­n. Sementara Ralf ’’hanya’’ menorehkan enam kemenangan seri dalam sepuluh musim di Formula 1. Posisi terbaiknya di klasemen akhir pembalap adalah peringkat keempat pada 2001 dan 2002 bersama BMW Williams.

Dalam suatu wawancara dengan The Guardian, Ralf menggambar­kan hubunganny­a dengan sang kakak di tengah persaingan keduanya di lintasan. ’’Dalam beberapa kesempatan, hubungan kami bermasalah. Sering kali setelah berebut posisi di lintasan. Namun, Michael memang terlalu kompetitif untukku. Aku tahu di mana batas kemampuann­ya. Dan di mana batas kemampuank­u,’’ ungkap Ralf.

Salah satu momen paling kompetitif antara keduanya terjadi di GP Kanada pada 2001. Saat itu Ralf meraih podium tertinggi keduanya sepanjang karir di F1. Sementara Michael finis runner-up. Hari itu tercatat menjadi sejarah karena untuk kali pertama dua pembalap kakak beradik finis di posisi 1-2 di F1.

Di luar lintasan, Ralf mengaku sangat jarang berbicara tentang balapan dengan sang kakak. Entah itu masalah mobil, mesin, atau isu di tim masing-masing. Padahal, mereka tak pernah bersepakat tentang itu. ’’Entahlah, dia seperti enggan. Aku pun demikian. Mungkin, itu juga bisa jadi gambaran betapa kompetitif­nya Formula 1,’’ ucap Ralf.

PENERUS KLAN SCHUMACHER MERINTIS JALAN MENUJU FORMULA 1

Wheels24. come back paddock

Schumacher muda tengah merintis karir menuju Formula 1. Mick dan David merupakan dua sepupu, anak dari legenda F1 Michael Schumacher dan Ralf yang beredar di era 1990-an hingga 2000-an.

 ?? ATTILA KISBENEDEK / AFP BOBBY ARIFIN/JAWA POS JUN QIAN JAWA POS ?? KENANGAN: GP Hungaria 2005 menjadi salah satu momen saat kakak beradik Michael dan Ralf Schumacher berdiri di podium. Balapan itu dimenangi Kimi Raikkonen.
Mick Schumacher DAVID SCHUMACHER MICK SCHUMACHER Debut David di F3 pada GP Rusia 2019 DUA
ATTILA KISBENEDEK / AFP BOBBY ARIFIN/JAWA POS JUN QIAN JAWA POS KENANGAN: GP Hungaria 2005 menjadi salah satu momen saat kakak beradik Michael dan Ralf Schumacher berdiri di podium. Balapan itu dimenangi Kimi Raikkonen. Mick Schumacher DAVID SCHUMACHER MICK SCHUMACHER Debut David di F3 pada GP Rusia 2019 DUA
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia