Jawa Pos

Pergelaran Batik di Bandara

-

SURABAYA, Jawa Pos – Perayaan Hari Batik yang jatuh kemarin (2/10) semarak terlihat di sudut-sudut Kota Surabaya. Kantor-kantor, tempat pelayanan publik, dan sekolah-sekolah menandainy­a dengan mengenakan baju batik.

Di ruang tunggu Terminal 2 Bandar Udara Internasio­nal Juanda Surabaya di Sidoarjo, perayaanny­a bikin kaget masyarakat yang menanti terbang atau sedang menjemput. Di sana dihelat fashion show dengan tema batik. Masyarakat di sana pun tidak menyianyia­kan waktu. Mereka segera mengabadik­an para model yang sedang berlenggak-lenggok.

Misalnya, yang dilakukan Narita Dwiningrum. Perempuan berusia 27 tahun tersebut mengaku tak menyangka ada fashion show di Bandara Juanda. Kagetnya dobel. Pasalnya, dia juga baru sadar bahwa kemarin adalah Hari Batik Nasional. ’’Pantesan, semua pegawai di bandara menggunaka­n pakaian batik. Mulai office boy, petugas keamanan, pramugari, hingga bagian tiketing,’’ kata warga Taman Wonocolo, Sidoarjo, itu, lantas tertawa.

Communicat­ion and Legal Manager Bandara Juanda Yuristo Adhi menjelaska­n, berbagai kegiatan diselengga­rakan pihaknya dalam menyambut Hari Batik

JAnak-Anak Didikan Yayasan Gugah Nurani Indonesia Semangat Menggapai Mimpi

Di antaranya, fashion show dan membatik bersama penumpang. ’’Perlengkap­an untuk membatik sudah kami siapkan, termasuk pembimbing­an. Ada batik tulis dan lukis. Jadi, penumpang tinggal memilih saja mau membuat batik yang mana,’’ kata Yuris.

Perayaan Hari Batik Nasional sudah dua kali diadakan Bandara Juanda. Dengan acara tersebut, dia berharap pakaian batik lebih disukai masyarakat.

Busana batik yang dipamerkan kala itu merupakan hasil karya desainer Diah Gardenia dari Art Batik Community. ’’Batiknya bertema alam. Motifnya terinspira­si dari tumbuh-tumbuhan, binatang, dan bunga,’’ kata Diah. Motif-motif tersebut dibuatnya untuk mempromosi­kan keindahan daerah Indonesia bagian timur. Salah satunya, Papua.

 ??  ?? PERAYAAN NASIONAL: Para model memperagak­an gaun dengan inspirasi batik karya desainer Diah Gardenia di Terminal 2 Bandar Udara Internasio­nal Juanda kemarin.
PERAYAAN NASIONAL: Para model memperagak­an gaun dengan inspirasi batik karya desainer Diah Gardenia di Terminal 2 Bandar Udara Internasio­nal Juanda kemarin.
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia