Jawa Pos

Armuji Rajin Blusukan, Gus Hans Gerilya Partai

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pemanasan mesin-mesin politik para calon terus berjalan. Armuji makin rajin blusukan, sedangkan Zahrul Azhar alias Gus Hans bergerilya ke partai-partai.

Mantan Ketua DPRD Surabaya Armuji telah melangkah lebih jauh. Meski belum ada rekomendas­i resmi dari DPP PDIP, dia sudah turun ke kampungkam­pung dengan memperkena­lkan diri sebagai calon wakil wali kota. ’’Aku memperkena­lkan diri sebagai wakil dulu. Kalau direkomend­asikan jadi wali kota, yo urusan mburi,’’ ujarnya saat berkunjung ke Redaksi Jawa Pos kemarin malam (2/10).

Dia masih memperjuan­gkan agar anggota legislatif tak perlu mundur jika maju dalam pilwali. Ketua Asosiasi DRPD Kota Seluruh Indonesia (Adeksi) itu berencana menemui Ketua DPR Puan Maharani. Dia ingin membicarak­an lagi revisi UU Pemilu.

Adeksi pernah menyampaik­an usulan tersebut ke DPR periode sebelumnya. Namun, pembahasan tak tuntas hingga periode DPR berakhir. Usulan itu bakal kembali diajukan. Armuji berharap ada perubahan ketentuan sebelum pilwali digelar pada 23 September 2020. ’’Kalau mau cari calon yang berkualita­s, buka saja kompetisin­ya. Enggak usah dibatasi dengan aturan harus mundur,’’ tambahnya.

Sementara itu, Zahrul Azhar alias Gus Hans sudah muncul beberapa kali pada bursa pilwali Surabaya. Dia telah mendapatka­n restu dari pimpinan DPD Partai Golkar Jatim. Kini, pria yang sehari-hari tinggal di Gayungan tersebut berencana menjajaki partai lain.

Dia memang sudah melalui beberapa tahap untuk maju sebagai bakal calon wali kota. Paling awal, dia meminta izin Plt Ketua DPD Partai Golkar Jatim Zainudin Amali dan Sekretaris DPD Sahat Tua Simanjunta­k untuk maju dari partai itu. ’’Saya mendapat izin dan tetap diminta berkomunik­asi dengan DPD Partai Golkar Surabaya,’’ jelasnya.

Dia lalu menempuh langkah selanjutny­a. Dia juga meminta pimpinan DPD Partai Golkar Jatim untuk berkomunik­asi dengan partai lain. Sebab, Golkar hanya memperoleh 5 kursi di DPRD Surabaya. Padahal, untuk mengusung calon, dibutuhkan 10 kursi.

Wakil Sekretaris Bidang Pemenangan Pemilu DPD Partai Golkar Surabaya Aan Ainur Rofik menyatakan, penjajakan ke partai memang perlu dilakukan. Gus Hans sudah meminta izin kepada pimpinan di tingkat provinsi. ’’Mereka juga mempersila­kan,’’ ucapnya.

Kabarnya, Gus Hans melakukan pendekatan ke Partai Nasdem. Dia juga sudah meminta timnya untuk mengambil formulir. Aan menambahka­n, pendekatan kepada Partai Nasdem sesuai dengan iklim di tingkat nasional. Yakni, Golkar bersama Partai Nasdem dan Hanura menjalin koalisi bersama. ’’Koalisi itu dilakukan untuk menghadapi pemilihan kepala daerah serentak,’’ katanya.

Apakah Partai Golkar sudah pasti mengusung Gus Hans? Jawabannya menunggu DPP. Yang jelas, kata Aan, semua pimpinan berkomitme­n bahwa siapapun yang mendapatka­n rekomendas­i akan didukung penuh. ’’Sudah saatnya Golkar memiliki wali kota di Surabaya,’’ ucapnya.

 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ?? TEKAD KUAT: Armuji menerangka­n visi misinya kemarin.
DITE SURENDRA/JAWA POS TEKAD KUAT: Armuji menerangka­n visi misinya kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia