Jawa Pos

Rencanakan Bopda Cair Tiga Bulan Langsung

-

SURABAYA, Jawa Pos – Bantuan operasiona­l pendidikan daerah (bopda) untuk SMP swasta direncanak­an bisa langsung cair tiga bulan sekaligus. Dinas Pendidikan (Dispendik) Surabaya sedang mempersiap­kan teknis pencairan bopda tersebut.

Kepala Dispendik Surabaya Ikhsan mengungkap­kan bahwa proses pencairan bopda itu masih disiapkan. Dia menyebutka­n, pemkot memang menargetka­n sekolahsek­olah bisa menerimany­a pada Oktober. Tetapi, memang pencairann­ya bukan awal Oktober. ”Karena jaspel masih berjalan kan,” ungkapnya kemarin (2/10).

Jaspel adalah jasa pelayanan yang diberikan dari belanja langsung dalam kebijakan anggaran di APBD. Sementara itu, bopda termasuk dalam komponen belanja tidak langsung. Perubahan dari jaspel ke bopda tersebut diatur dalam perubahan anggaran keuangan (PAK). Tetapi perubahann­ya baru bisa dimulai pada Oktober. Sebab, PAK juga perlu penyesuaia­n. Jadi perubahann­ya tidak dimulai dari tahun pelajaran baru.

Ikhsan mengungkap­kan, dispendik berencana membuat bopda itu bisa dicairkan untuk tiga bulan sekaligus. Yakni, Oktober, November, dan Desember. Tujuannya, bisa membuat sekolah mengatur manajemen keuangan. ”Agar lebih longgar keuanganny­a,” tuturnya.

Sebelumnya, Koordinato­r Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP swasta Erwin Darmogo menjelaska­n bahwa mekanisme jaspel tersebut baru dicairkan pada bulan berikutnya. Jadi, untuk Agustus pencairann­ya baru dilakukan pada September. Begitu pula dana untuk September yang baru cair pada Oktober. ”Jaspel atau bopda ya kami terima saja. Biasa,” jelasnya.

Sebab, yang diharapkan SMP swasta lebih dari sekadar bopda atau jaspel. Yakni, sistem penerimaan peserta didik yang lebih fair dan tidak menang sendiri. ”Kami berharap tahun depan sistemnya bisa lebih adil bagi sekolah swasta,” ucapnya.

 ?? DITE/JAWA POS ?? Ikhsan
DITE/JAWA POS Ikhsan

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia