Jawa Pos

Waiting List demi Kamar

-

SURABAYA, Jawa Pos – Griya Usia Lanjut St Yosef tengah penuh. Tempat yang menjadi salah satu jujukan panti jompo di Surabaya Barat itu tidak bisa menerima pendaftara­n lansia baru sejak tiga bulan terakhir. Tidak ada kamar yang kosong. Total 42 kamar yang tersedia di lantai 1 dan 2 sudah berpenghun­i. Hal tersebut diungkapka­n Lilik Susilowati yang sehari-hari bertugas mengurus administra­si di tempat itu.

”Total penghuniny­a saat ini ada 173 orang. Hampir separo lebih adalah perempuan,” ujarnya saat ditemui kemarin (2/10). Ada kamar yang hanya berpenghun­i dua orang lansia. Namun, ada juga kamar yang muat empat, enam, hingga tujuh orang.

Lilik mengatakan, kamar yang full membuat pihak griya lansia terpaksa menolak puluhan lansia yang hendak mendaftar.

Perempuan yang sudah bekerja 12 tahun di Yayasan St Yosef tersebut mengungkap­kan, kondisi seperti itu juga kerap terjadi pada bulan-bulan sebelumnya. ”Kosongnya nggak bisa diprediksi. Kematian kan kami nggak pernah tahu,” ujar Lilik. Di satu sisi, dia mengungkap­kan bahwa kamar-kamar yang full itu justru lebih menguntung­kan. Terutama dari segi penghuni lama.

”Kalau di satu kamar ganti-ganti orang kan takutnya nggak nyaman juga buat yang penghuni lama. Karena sudah telanjur cocok sama teman yang sebelumnya. Apalagi karakter orang beda-beda. Jadi, caregiver juga mesti mengenal kepribadia­n orang dari awal lagi kalau datang penghuni baru,” terang ibu dua anak itu. Setiap lansia wajib didaftarka­n secara resmi oleh keluargany­a. Atau orang yang bisa bertanggun­g jawab sebagai penjamin.

 ?? NURUL KOMARIYAH/JAWA POS ?? SELALU PENUH: Penghuni Griya Usia Lanjut
St Yosef di Jalan Raya Jelindro, Sambikerep, bercengker­ama dengan caregiver mereka kemarin. Permintaan penghuni baru di panti jompo ini selalu meningkat.
NURUL KOMARIYAH/JAWA POS SELALU PENUH: Penghuni Griya Usia Lanjut St Yosef di Jalan Raya Jelindro, Sambikerep, bercengker­ama dengan caregiver mereka kemarin. Permintaan penghuni baru di panti jompo ini selalu meningkat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia